Kompas.com - 07/11/2013, 12:58 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih tim sepak bola senior Indonesia, Jacksen F Tiago, tidak pernah menerapkan larangan tertentu pada pemainnya, termasuk dalam hal larangan keluar malam. Jacksen sepenuhnya percaya kepada para pemain.

Menurut Jacksen, kepercayaan satu sama lain lebih diperlukan dalam menjalin hubungan antara pelatih dan pemain. Menurut Jacksen, hubungan batin dengan para pemain yang telah berkeluarga ini harus dijalin dengan baik sehingga menumbuhkan kepercayaan.

"Jadi saya tak pernah punya larangan apa pun. Yang ada tanggung jawab yang saya berikan pada mereka. Tanggung jawab ada akibatnya jika tidak dijalankan," kata Jacksen saat ditemui di dalam sesi latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (7/11/2013).

Jacksen mengatakan, setiap pemain memiliki tanggung jawab untuk melakukan latihan "siluman", yakni latihan individu untuk selalu menjaga pola makan dan waktu istirahat yang cukup. Menurut dia, latihan di luar lapangan ini merupakan latihan terbaik bagi pemain. Pelatih asal Brasil itu mengatakan, sebagus apa pun hasil latihan fisik di lapangan, akan sia-sia jika pemain menguras tenaga untuk kegiatan-kegiatan lain. Ia menegaskan, jika pemain lepas dari tanggung jawab yang diberikan, maka akan ada konsekuensi yang harus ditanggung.

Timnas senior akan bertolak ke Korea Utara nanti malam untuk menjalani pemusatan latihan selama beberapa hari. Mereka juga akan melakukan uji coba dengan salah satu klub lokal setempat pada Sabtu (9/11/2013).

Pada Selasa (12/11/2013), timnas akan bertolak ke China. Pada Jumat (15/11/2013) pekan depan, mereka menjalani pertandingan kualifikasi Piala Asia versus China di Stadion Jiaodaruisun di Provinsi Shanxi.

Saat ini, timnas masih berada di posisi juru kunci Grup C kualifikasi Piala Asia dari hasil dua kali kalah dan sekali imbang. Dalam pertandingan terakhir di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, 15 Oktober 2013, timnas bermain seri 1-1 lawan "Tim Naga" tersebut.

Adapun China berada di peringkat kedua dengan nilai 4 dari sekali menang, sekali kalah, dan sekali imbang. Pucuk pimpinan klasemen masih dipegang Arab Saudi dengan nilai 9. Adapun peringkat ketiga ditempati Irak dengan nilai 3.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.