Klub Indonesia Harus Perhatikan Aspek Kesehatan

Kompas.com - 29/07/2013, 19:05 WIB
Sekjen PSSI, Djoko Driyono. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Sekjen PSSI, Djoko Driyono.
EditorAloysius Gonsaga AE
JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berharap aspek kesehatan pemain menjadi salah satu perhatian utama klub. Sebab, aspek ini sudah harus menjadi fokus standar setiap klub.

"Laporan medis menjadi bagian dari analisis kinerja individu. Kalau bicara player profile, di dalamnya harus membicarakan laporan fisik, teknik, psikologi, tak ketinggalan medical. Ini sebetulnya bukan hal baru," kata Sekjen PSSI, Djoko Driyono, Senin (29/7/2013).

"Dari kepentingan keilmiahan, penguatan regulasi, dan improvement tim, aspek ini butuh pendalaman. Mungkin harus melibatkan tenaga ahli supaya menjadi hal baru yang menguatkan kebijakan sebelumnya. Bisa saja ini menjadi kebijakan tambahan yang harus dilakukan klub. Alamat yang dituju bukan saja klub profesional tapi klub senior dan junior," ujar Djoko.

Pernyataan ini dikeluarkan sekaligus merespon kematian Camara Sekou. Pemain Pelita Bandung Raya asal Mali itu meninggal dunia dalam sesi latihan, Sabtu (27/7/2013), akibat serangan jantung.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X