Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Neymar Bersinar, Brasil ke Semifinal

Kompas.com - 20/06/2013, 03:56 WIB

FORTALEZA, KOMPAS.com — Brasil memastikan diri menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal Piala Konfederasi setelah membungkam Meksiko 2-0 di  Stadion Castelao, Fortaleza, Rabu atau Kamis (20/6/2013) dini hari WIB. Neymar menjadi bintang dengan mencetak satu gol dan satu assist untuk gol Jo.

Dengan hasil ini, tim Samba untuk sementara menjadi pemuncak klasemen Grup A dengan mengoleksi enam poin dari dua pertandingan yang dilakoninya. Di laga terakhir, Brasil akan melawan Italia. Sementara itu, dengan mengalami dua kekalahan, Meksiko sudah pasti tersingkir.

Tampil di depan publiknya, Brasil langsung tancap gas. Serangan tim Samba lebih banyak bertumpu kepada Neymar yang beroperasi di sisi kanan pertahanan Meksiko. Saat laga baru berjalan empat menit, tembakan keras yang dilepaskan Marcelo dari luar kotak penalti cukup membahayakan. Namun, kiper El Tri, Jose Corona, masih mampu menahan tembakan pemain Real Madrid tersebut.  

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya terjadi. Pendukung Brasil yang memadati Stadion Castelao bersorak menyambut gol Neymar pada menit kesembilan. Gol yang dikreasi pemain Barcelona tersebut sangat sensasional.

Awalnya, Dani Alves melakukan penetrasi di sisi kiri pertahanan Meksiko dan memberikan umpan silang ke dalam kotak penalti. Salah satu pemain Meksiko berusaha menghalaunya, tetapi bola jatuh ke arah Neymar. Tanpa mengontrol bola, Neymar langsung melepaskan tendangan voli yang membuat bola bersarang ke sisi kanan gawang Meksiko, 1-0.  

Brasil terus menggempur lawannya. Alves nyaris mencetak gol saat men-chip bola ke tiang jauh Meksiko. Namun, peluang emas tersebut berhasil digagalkan oleh Corona.

Tim Samba benar-benar berusaha mendominasi sehingga Meksiko hanya bisa beberapa kali menekan. Neymar nyaris kembali mencetak gol, setelah mampu menguasai bola dari umpan Hulk pada menit ke-23. Sayang, tembakan keras kaki kirinya masih sedikit melambung di atas tiang gawang.

Memasuki menit ke-30, Javier Hernandez dan kawan-kawan mulai mampu menguasai bola. Namun, Meksiko cukup frustrasi karena serangannya selalu berhasil dipatahkan. Pada menit ke-36, misalnya, Giovani Do Santos dengan skill-nya berhasil melewati Marcelo dan masuk ke dalam kotak penalti lawan. Namun, umpan yang dilepaskan Dos Santos dengan baik dipatahkan Julio Cesar.

Tekanan dari Meksiko membuat Brasil mengandalkan serangan balik. Namun, Thiago Silva dan kawan-kawan terlalu terburu-buru melancarkan serangan balik sehingga sering mampu dipatahkan Meksiko.

Meksiko tetap menguasai pertandingan sampai menit-menit akhir. Sayang, tim besutan Jose Manuel de la Torre tersebut belum mampu mencetak gol balasan hingga wasit meniup peluit tanda istirahat.

Sama halnya dengan babak pertama, Brasil langsung tampil menekan semenjak awal babak kedua. Bahkan, tim Samba sempat mengejutkan setelah Silva berhasil mencetak gol seusai memanfaatkan umpan dari tendangan bebas Neymar. Namun, wasit Howard Webb menganulir gol tersebut karena menilai Silva sudah berada dalam posisi offside sebelumnya.

Brasil kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-56. Neymar dengan cerdik memberikan umpan kepada Hulk di dalam kotak penalti. Meski tak terkawal, Hulk gagal mencetak gol setelah tembakannya masih melebar.

Di balik tekanan dari kubu tuan rumah, Meksiko sempat melancarkan serangan berbahaya. Dos Santos berhasil masuk ke jantung pertahanan Brasil dan melepaskan umpan. Sebelum umpan tersebut dimanfaatkan Hernandez, Luiz berhasil memotong umpan yang dilepaskan Dos Santos. Brasil membalasnya melalui sepakan keras Neymar. Kali ini, Corona masih tangguh menghalau bola tembakan pemain bernomor punggung 10 tersebut.

Brasil kemudian terlihat kesulitan mengembangkan permainannya. Kendali permainan dikuasai oleh Meksiko. Mereka lebih banyak mengeksploitasi sisi kiri pertahanan Brasil. Sayang, usaha mereka untuk lepas dari kekalahan tak membuahkan hasil.

Ironisnya, justru Brasil yang mampu menambah gol yang diciptakan Jo pada menit ke-93. Gol ini berkat assist Neymar. Neymar "menari-nari" melewati dua pemain lawan di dalam kotak penalti. Tak egois, Neymar memberikan bola kepada Jo yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan, Jo melepaskan tembakan dan bola bersarang ke gawang Meksiko. Gol ini sekaligus memateraikan kemenangan Brasil 2-0. 

Selanjutnya, Brasil akan melawan Italia pada laga terakhir pernyisihan Grup A, Sabtu (22/6/2013). Sedangkan Meksiko akan meladeni Jepang.

Susunan pemain
Brasil:
12-Julio Cesar; 2-Dani Alves, 3-Thiago Silva, 4-David Luiz, 6-Marcelo; 17- Luiz Gustavo, 18-Paulinho; 10-Neymar, 11-Oscar (Hernanes 62), 19-Hulk (Lucas 77); 9-Fred (Jo 82)
Pelatih: Luiz Felipe Scolari

Meksiko: 12-Jose Corona; 21- Hiram Mier, Maza, 15- Hector Moreno, 20- Jorge Torres Nilo (Barrera 68); 3- Carlos Salcido, 6- Gerard Torrado; 22- Gerardo Flores (Hector Herrera 58), 18- Andres Guardado, 10- Giovani Dos Santos; 14- Javier 'Chicharito' Hernandez
Pelatih: Jose Manuel de la Torre
Wasit: Howard Webb

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com