Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madrid Bayar Rp 2 Triliun untuk Pertahankan CR7?

Kompas.com - 18/06/2013, 18:43 WIB

KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo berpeluang menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di dunia, jika dia mencapai kesepakatan dengan Real Madrid dalam negosiasi perpanjangan kontrak. Menurut Goal, dalam pembicaraan perpanjangan kontrak selama lima tahun di Santiago Bernabeu, pemain dengan sebutan CR7 ini mendapat total bayaran 155 juta euro (sekitar Rp 2,059 triliun/kurs 1 euro: Rp 13.287), dengan pendapatan per tahun  15 juta euro (sekitar Rp 199,250 miliar) setelah dipotong pajak.

Memang, dalam beberapa pekan terakhir, pembicaraan seputar kontrak Ronaldo menyeruak ke permukaan seiring berembusnya kabar winger Portugal ini akan hengkang dari Madrid. Ronaldi dikabarkan akan kembali bermain di Premier League, karena bekas klubnya, Manchester United, ingin menggaetnya lagi. Tetapi pihak Madrid membantah kabar itu dan mengatakan mereka hampir sepakat untuk mempertahankan mantan pemain Sporting Lisbon ini.

Namun Ronaldo, yang mencetak 201 gol hanya dalam 199 pertandingan selama empat musim di Bernabeu, mementahkan klaim El Real. Melalui akun Twitter pekan lalu, Ronaldo menulis: "Semua kabar mengenai pembaruan kontrakku dengan Real Madrid salah." Meskipun demikian, dia mengakui bahwa keinginannya adalah bertahan bersama raksasa Spanyol tersebut, paling tidak sampai kontraknya yang tengah berjalan selesai pada 2015.

Setelah Portugal mengalahkan Rusia 1-0 pada kualifikasi Piala Dunia pekan lalu, Ronaldo mengatakan: "Saya belum berbicara kepada siapapun, (tetapi) saya tahu kami akan mencapai kesepakatan kontrak baru. Hal terpenting sekarang adalah tim nasional."

Juga, Ronaldo mengklaim masa depannya tak terpengaruh oleh kepergian pelatih Jose Mourinho, yang memutuskan untuk kembali ke Chelsea. Dia menegaskan bahwa fokusnya adalah bersama Madrid dan masa depannya sendiri.

Ronaldo mendarat di Bernabeu pada musim panas 2009. Dia dibeli dari MU dengan harga 94 juta euro (sekitar Rp 1,245 triliun), yang menempatkannya sebagai pemain termahal di dunia. Saat ini, Ronaldo mendapat bayaran 10 juta euro (sekitar Rp 132,513 miliar) per tahun setelah dipotong pajak.

Nah, jika Madrid benar-benar merealisasikan apa yang menjadi permintaan dalam kontrak barunya, maka Ronaldo mengalahkan pendapatan striker mungil Barcelona, Lionel Messi, yang dibayar 13 juta euro (sekitar Rp 172,293 miliar) per tahun sebelum ditambah bonus klub, serta penghasilan Falcao, yang dibayar 14 juta euro (sekitar Rp 185,541 miliar) per tahun oleh AS Monaco.

Begitu juga dengan penghasilan Samuel Eto'o di Anzhi Makhachkala. Striker Kamerun ini mendapat bayaran 20 juta euro (sekitar Rp 265,091 miliar) per tahun selama kontraknya yang berdurasi tiga tahun. Tetapi dengan apa yang diraih Ronaldo dalam lima tahun kontrak barunya, maka penghasilan mantan striker Barcelona ini pun dipastikan kalah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com