Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Gol Bukti Villa Layak di Tim Utama

Kompas.com - 12/01/2013, 02:27 WIB

Madrid, Jumat - Striker David Villa membuktikan ketajamannya dalam mencetak gol sehingga tak perlu diragukan dan layak masuk tim utama klubnya. Bukti teraktual kehebatannya adalah kontribusi dua gol ketika Barcelona melumat klub Divisi Dua, Cordoba, 5-0, di Nou Camp, Kamis (10/1) atau Jumat dini hari WIB. Barca pun lolos ke perempat final Piala Raja.

Dampak cedera yang dia alami separuh musim lalu dan usianya yang sudah 31 tahun terbukti tak memengaruhi insting Villa menjebol gawang lawan. Ia mencetak dua gol itu dalam rentang lima menit, menit ke-21 dan ke-26. Panen lima gol Barcelona diawali gol Thiago (menit ke-17) dan diakhiri gol Alexis Sanchez yang juga memborong dua gol (menit ke-55 dan ke-85).

Lewat dua gol itu, Villa ingin mengingatkan banyak orang, dia masih berstatus striker paling subur di timnas Spanyol. Sejak sembuh dari cedera, Villa lebih sering menjadi pemain cadangan. Dengan keterbatasan waktu bermain yang didapatkannya, ia membuktikan tetap tajam.

Saat ini, ia mencetak lima gol dari enam penampilan di Piala Raja atau total 10 gol di semua ajang musim ini. Tim pelatih Barcelona pun seperti dibangunkan dari tidur tentang potensi yang masih dimiliki Villa.

Asisten Pelatih Barcelona Jordi Roura, pengganti Tito Vilanova yang masih absen, segera melayangkan pujian kepada Villa. ”Villa tampil sangat bagus. Dia memperlihatkan sesuatu yang kita semua tahu, dia seharusnya jadi pemain penting,” katanya.

”Dia akan kembali untuk jadi (pemain) yang lebih penting bagi kami. Tidak perlu diragukan soal itu,” ujar Roura.

Sebelum laga kandang itu, Barcelona mengantongi kemenangan 2-0 pada putaran pertama. Mereka di atas kertas bakal lolos. Itu sebabnya, mereka tak memasukkan sejumlah pemain utama, seperti Gerard Pique, Xavi, dan Andres Iniesta. Lionel Messi yang baru dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia 2012 juga cadangan dan tidak dimainkan.

Berpotensi lawan Madrid

Di perempat final, Barcelona yang juga berstatus juara bertahan itu bakal menghadapi Malaga, tim kejutan yang lolos ke 16 besar Liga Champions. Jika sukses melewati Malaga, tidak tertutup kemungkinan Barcelona bertemu rival abadi, Real Madrid, di semifinal, dengan catatan Madrid juga menyingkirkan Valencia di perempat final.

Pada laga lainnya, Atletico Madrid ditahan 0-0 di kandang Getafe. Atletico tetap lolos berkat kemenangan 3-0 pada laga putaran pertama. Real Betis harus bekerja keras sebelum akhirnya lolos ke perempat final saat memukul Las Palmas, 1-0.

Betis memastikan lolos lima menit menjelang bubar lewat gol Ruben Castro akibat blunder pemain lawan. Pada putaran pertama di Kepulauan Canary, Betis tertahan 1-1, dan bisa tersingkir tanpa gol Castro itu.(AP/REUTERS/SAM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com