Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian untuk Messi

Kompas.com - 06/09/2012, 06:07 WIB

Peringkat Argentina di klasemen sementara saat ini tidak terlalu bagus. Argentina menduduki peringkat ketiga dengan poin 10 (tiga kali menang, satu kali kalah, satu kali seri), di bawah Cile, sang pemuncak klasemen, dengan poin 12 dan Uruguay di posisi kedua dengan poin 11.

Pertandingan itu akan berlangsung di kandang Argentina, Stadion Mario Alberto Kempes, Cordoba. Harapan publik Argentina terhadap tim nasional mereka sangat besar karena bermain di kampung halaman para suporter fanatiknya. Tiket untuk pertandingan itu telah terjual, artinya 57.000 kursi di Stadion Mario Alberto Kempes bakal penuh dengan pendukung Argentina.

Sebelumnya, hasil dua pertandingan kualifikasi tahun 2011 kurang memuaskan Argentina. Duel melawan Bolivia berakhir dengan hasil seri 1-1 dan kalah 0-1 dari Venezuela. Dua pertandingan yang sudah beberapa waktu berlalu itu langsung dicap sebagai cacat tim nasional Argentina yang harus diperbaiki Messi dan kawan-kawan.

Messi menyadari beratnya target yang dialamatkan kepadanya sebagai sang kapten sekaligus pencetak sembilan gol dari lima pertandingan, termasuk laga uji coba. Messi mencetak hattrick saat Argentina melawan Brasil dan Swiss serta satu gol di setiap laga saat berjumpa Kolombia, Ekuador, dan Jerman.

”Semua pertandingan pada babak kualifikasi adalah pertandingan yang berat, siapa pun lawannya,” kata Messi.

Pemain yang bergabung dengan tim nasional Argentina sejak 2005 itu tidak mau buru-buru meremehkan Paraguay. Meskipun di atas kertas Paraguay belum setara dengan Argentina, hasil di atas lapangan bisa terbalik. Paraguay masih terdampar di posisi kedelapan klasemen atau peringkat kedua dari bawah, di atas Peru. Paraguay mengantongi poin empat, hasil dari satu kali menang, satu kali seri, dan tiga kali kalah.

Menurut Messi, tim Argentina mesti banyak belajar setelah kekalahan tipis dari Venezuela. Pelajaran yang bisa dipetik adalah mengubah gaya permainan Argentina yang sudah dapat dibaca oleh Bolivia.

”Meskipun seri melawan Bolivia, perlu diingat kami juga berhasil memenangi sejumlah laga yang sulit,” kata bintang klub Barcelona itu membela diri dan kawan-kawannya.

Menurut Messi, bukan hanya penonton Argentina yang mengharapkan kemenangan tim nasional di kandang. Para pemain Argentina juga memiliki keinginan yang sama dengan penonton.

”Kami akan berusaha supaya kami meraih tiga poin. Mari berharap agar tim nasional Argentina bisa melakukan yang terbaik,” ujarnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com