Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Llorente Bawa Bilbao Tantang Atletico di Final

Kompas.com - 27/04/2012, 04:04 WIB

BILBAO, KOMPAS.com - Fernando Llorente menjadi pahlawan bagi Athletic Bilbao setelah mencetak gol menentukan dalam leg kedua babak semifinal Liga Europa melawan Sporting Lisbon, Kamis (27/4/2012) dini hari WIB. Ia mencetak satu dari tiga gol kemenangan Bilbao dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 3-1 tersebut.

Dengan hasil tersebut, Bilbao berhak melaju ke final dengan agregat 4-3. Pasalnya, pada leg pertama mereka kalah 1-2 oleh Sporting.

Bilbao yang membutuhkan kemenangan minimal 1-0 ini, tampil menekan sejak menit-menit awal. Pertandingan baru berjalan 11 menit, Iker Muniain sudan mengancam gawang Sporting. Sayang, bola tendangannya memanfaatkan umpan sepak pojok Ander Herrera masih mampu ditepis kiper Rui Patricio.

Terus menekan, tuan rumah akhirnya mampu membuka keunggulan melalui Susaeta pada menit ke-17. Setelah melewati satu dua pemain belakang Sporting, Susaeta kemudian melepaskan tendangan keras dan terarah yang masuk ke dalam gawang Sporting.

Ketinggalan satu gol, Sporting tidak tinggal diam. Tim asuhan Ricardo Sa Pinto tersebut mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat gol Andre Renato Soares Martins satu menit menjelang turun minum. Menerima umpan dari sisi kiri, Martins kemudian melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti dan gol.

Namun, skor tersebut tidak bertahan lama, karena Bilbao mampu kembali unggul satu menit kemudian pada masa injury time babak pertama. Kali ini giliran Ibai Gomez yang merobek jala kiper Patricio setelah menerima umpan matang Fernando Llorente pada menit ke-46. Babak pertama pun ditutup dengan skor 2-1 untuk keunggulan Bilbao.

Selepas turun minum, Bilbao masih berusaha menekan pertahanan Sporting. Llorente mendapatkan peluang emas pada menit ke-70. Namun, usahanya kembali mampu dimentahkan oleh kiper Patricio yang tampil cukup gemilang dalam laga ini.

Sepanjang pertengahan babak kedua ini, kedua tim bermain cukup hati-hati. Bilbao yang tidak ingin gawangnya kebobolan lagi, terlihat hati-hati dalam menyerang. Begitupun dengan Sporting yang lebih mengandalkan serangan balik dalam laga ini. Sebab, kondisi agregat masih imbang dan masing-masing tim butuh satu gol untuk memastikan ke final.

Hingga sepuluh menit menjelang akhir pertandingan, kedua tim lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah. Sejumlah usaha yang dilancarkan baik oleh Bilbao maupun Sporting dapat dikandaskan oleh barisan pertahanan masing-masing tim yang tampil cukup disiplin.

Akhirnya, Bilbao yang mencetak gol penentu kelolosan ke final pada menit ke-88. Menerima umpan dari Gomez, Llorente kemudian melepaskan tendangan kaki kiri yang keras yang kemudian masuk ke dalam gawang. Gol itu pun membuat Bilbao menang 3-1 dan memastikan ke final dengan agregat 4-3.

Susunan Pemain:
Athletic Bilbao:
1-Gorka Iraizoz, 15-Andoni Iraola, 5-Fernando Amorebieta, 3-Jon Aurtenetxe, 24-Javi Martínez, 14-Markel Susaeta, 8-Ander Iturraspe, 21-Ander Herrera, 9-Fernando Llorente, 19-Iker Muniaín (23-Borza Ekiza 90), 28-Ibai Gomez (2-Gaizka Tuquero 75).

Sporting Lisbon: 1-Rui Patricio, 47-Joao Pereira, 4-Anderson Polga, 48-Emiliano Insua, 93-Xandao, 8-Stijn Schaars, 14-Matías Fernandez (3-Daniel Carrico 46), 11-Diego Capel, 25-Bruno Pereirinha (17-Jeffren Suarez 63), 28-André Renato Soares Martins, 9-Ricky van Wolfswinkel.

Wasit: Martin Atkinson

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com