Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Liga Indonesia Gelar Divisi Utama

Kompas.com - 07/12/2011, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak hanya menggelar kompetisi Indonesia Super League atau ISL, PT Liga Indonesia akan segera menggelar kompetisi Divisi Utama. Sebanyak 30 klub telah menyatakan kesiapan untuk mengikuti kompetisi Divisi Utama yang mulai digelar 15 Desember mendatang dan berakhir pada Juli 2012.

"PSIM Yogyakarta melawan Persita Tanggerang akan menjadi laga pembuka Divisi Utama," kata CEO PT Liga Indonesia Djoko Driyono kepada wartawan, seusai manager meeting di Hotel Sahid, Rabu (7/12/2011).

Berdasarkan pertimbangan efisiensi, format kompetisi Divisi Utama akan dibagi dua wilayah, yakni wilayah barat dan timur. Setiap wilayah akan diikuti oleh 15 klub.

Djoko menjelaskan, PT Liga Indonesia akan memberikan subsidi sebesar Rp 500 juta bagi setiap klub untuk meringankan beban biaya kompetisi mengingat klub dilarang menggunakan dana Aanggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

"Di kongres Bali diputuskan setiap klub mendapatkan subsidi Rp 300 juta. Tapi, pada pertemuan beberapa waktu lalu, disepkati Rp 500 juta tiap klub dengan asumsi 44 klub. Spirit-nya, subsidi membantu pertandingan agar terselenggara. Bukan membantu klub," ujarnya.

Kompetisi Divisi Utama akan ditayangkan oleh ANTV. Lebih dari 50 pertandingan akan disiarkan secara langsung.

"ANTV mencanangkan tiada akhir tanpa sepak bola. Di hari-hari ISL tidak bertanding, maka Divisi Utama yang live," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com