Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ginan Koesmayadi Jadi Fellow Ashoka

Kompas.com - 20/10/2011, 19:30 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Ginan Koesmayadi, pendiri Rumah Cemara, terpilih sebagai satu dari sembilan Fellow Ashoka yang disematkan kepada figur yang dianggap sebagai pembaru dalam masyarakat. Namanya bakal tergabung dalam 145 Fellow Ashoka yang tersebar di Indonesia sejak 1983.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas, Kamis (20/10/2011), Ginan dianggap sebagai salah satu pilar perubahan di masyarakat Indonesia. Ginan adalah pengidap HIV positif yang merintis terbangunnya Rumah Cemara, tempat bernaung bagi pengidap HIV—terutama disebabkan jarum suntik.

Awal tahun ini, Rumah Cemara membuat prestasi dengan mengirimkan tim street soccer ke Homeless Cup di Perancis. Meski tidak meraih juara pertama, Ginan yang tampil sebagai kapten tim berhasil menggunakan olahraga, terutama sepak bola, sebagai media kampanye mengenai hak-hak pengidap HIV.

Para Fellow Ashoka hingga kini antara lain Onno W Purbo, Tri Mumpuni, Saur Marlina Manurung, dan Yohanes Surya. Beberapa di antaranya bahkan sudah menerima penghargaan internasional, seperti Hasanain Juaini dan Tri Mumpuni yang berhasil menerima Ramon Magsaysay Award 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com