Lewat Gerak Tubuh, Ronaldo-Mou Sindir UEFA

Kompas.com - 05/05/2011, 03:45 WIB
EditorHery Prasetyo

BARCELONA, KOMPAS.com — Pelatih Real Madrid, Jose Mourinho, dan penyerang Cristiano Ronaldo kembali melakukan tindakan kontroversial setelah bermain imbang 1-1 melawan Barcelona di leg kedua semifinal Liga Champions, Rabu (4/5/2011) dini hari WIB. Lewat gerak tubuh, mereka menyindir UEFA.

Setelah gagal ke final karena kalah agregat 1-3 dari Barcelona, kedua pria asal Portugal itu terlihat murung saat ditemui puluhan wartawan dan fotografer yang menunggu di bandara.

Saat awak media melontarkan sejumlah pertanyaan, Ronaldo dan Mourinho memperlihatkan gesture yang tidak bersahabat. Sambil berjalan, Ronaldo terlihat hanya menggerakkan jari-jemari tangan kanannya sambil mengatakan, "Robbed (dicuri)."

Begitu juga dengan Mourinho. Ia hanya menggerakkan jari-jemarinya tanpa mengucapkan sepatah kata pun saat diberondong pertanyaan oleh wartawan.

Kuat dugaaan, gesture mereka merupakan sindiran kepada UEFA yang dituding aktor di balik tersingkirnya Madrid dari Liga Champions. Sejak leg pertama semifinal Liga Champions, Madrid selalu merasa dicurangi oleh wasit. Hal itu berkaitan dengan diusirnya Pepe pada pertandingan tersebut. Mourinho menuding ada konspirasi besar di balik kemenangan Barca 2-0 (leg pertama).

Di leg kedua, Madrid kembali merasa dirugikan dengan kepemimpinan wasit Frank de Bleeckere. Mereka memprotes keputusan wasit asal Belgia itu yang menganulir gol Gonzalo Higuain pada menit ke-46.

Wasit tidak mengesahkan gol itu karena menilai Ronaldo terlebih dulu melanggar Javier Mascherano sebelum melepaskan umpan. Padahal, dalam tayangan ulang, sepertinya Ronaldo tak terlalu menyentuh Mascherano. Protes yang sama disampaikan oleh Iker Casillas dan Xabi Alonso.

Akibat tindakannya tersebut, Mourinho dan Ronaldo terancam mendapatkan sanksi dari UEFA. (MO)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X