Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persebaya Belajar dari Musim Lalu, Coba Bersiap dengan Lebih Rapi

Dari 18 kontestan kompetisi Liga 1 2024-2025, Persebaya menjadi salah satu tim yang paling awal melakukan persiapan menuju musim anyar.

Tim berjulukan Bajul Ijo sudah menggelar latihan pramusim sejak 15 Juni 2024 lalu.

Direktur Operasional Persebaya, Candra Wahyudi, membeberkan alasan kenapa timnya melakukan persiapan lebih dini.

“Terlepas dari hasil musim lalu yang tidak sesuai harapan. Kami ingin tiap tahun persiapan itu lebih rapi, lebih terukur, dan kebetulan belajar dari yang kemarin."

"Kami peringkat 12 musim lalu, tentu ada hal-hal yang ingin kami perbaiki,” tutur pria yang biasa disapa Candra tersebut.

“Kami ingin lebih detail dalam persiapan sehingga dengan komunikasi tim pelatih, kami putuskan untuk mulai latihan tanggal 15 Juni kemarin."

"Mudah-mudahan dengan waktu persiapan yang cukup, karena kick off di awal Agustus. Kami tidak lagi mengulang hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya menambahkan.

Persiapan Persebaya menghadapi kompetisi musim depan melibatkan peran aktif Paul Munster sebagai pelatih kepala.

Komunikasi intens sudah dilakukan manajemen dengan Munster sejak musim lalu. Salah satu perihal yang dibahas adalah tentang pemain mana yang akan dilepas dan target transfer. 

Musim lalu, Munster datang ketika kompetisi tengah berjalan. Sang pelatih asal Irlandia Utara pun tak bisa berbuat banyak dalam memoles tim via perekrutan pemain anyar.

“Jadi ketika coach Munster datang di pertengahan musim lalu, dia kan tidak bisa apa-apa. Kami juga tidak bisa banyak melakukan perbaikan karena timnya dan musimnya sudah berjalan,” ujar Candra Wahyudi.

“Waktu itu fokus kami adalah menyelamatkan Persebaya dulu. Ketika musim selesai, kami diskusi intensif dengan pelatih bagaimana menghadapi musim ini."

"Bahkan sebelum libur kompetisi pun kami sudah punya tahapan-tahapan apa yang harus kami lakukan, pemain-pemain apa yang kami buru.”

“Alhamdulillah sejauh ini sudah selesai yang kami harapkan. Tinggal mungkin 4-5 pemain lagi yang harus didatangkan,” ucap Candra Wahyudi.

https://bola.kompas.com/read/2024/06/23/15000078/persebaya-belajar-dari-musim-lalu-coba-bersiap-dengan-lebih-rapi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke