Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Malik Risaldi Pilih Persebaya Saat Banyak Tawaran Klub Lain

Kompas.com - 27/06/2024, 09:30 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Malik Risaldi akan membuka lembaran baru bersama Persebaya Surabaya di Liga 1 2024-2025.

Pindah dari Madura United, Malik Risaldi kini sudah bergabung dan latihan bersama Persebaya untuk menjalani persiapan menghadapi kompetisi pada Agustus mendatang.

Dia mengaku senang dan sudah mengenali beberapa pemain Persebaya. 

"Anak-anaknya juga welcome semua, berlatihnya juga. Kalau sama anak-anak Persebaya sudah banyak yang kenal," kata Malik Risaldi, Rabu (26/6/2024).

Malik Risaldi sudah menjadi keluarga besar tim bersama Ernando Ari dkk meskipun sejumlah klub Liga 1 berkeinginan memakai jasanya.

Baca juga: Paul Munster Yakin Malik Risaldi Jadi Pembeda di Persebaya

Ia berharap dapat memberikan kontribusi lebih di tim barunya, apalagi ia melihat sosok pelatih asal Irlandia, Paul Munster, lebih detail dalam melatih.  

Dia mengungkap mengapa memilih Persebaya menjadi pelabuhan barunya.

"Persebaya yang paling serius memberi tawaran dan mempunyai target tinggi. Saya sendiri targetnya banyak berkontribusi untuk Persebaya dan membawa tim lebih baik lagi," katanya.

Awal mula berkecimpung di sepak bola, Malik Risaldi tercatat sebagai pemain didikan akademi WCP Gresik.

Baca juga: Paul Munster Yakin Bonek Full Senyum dengan Komposisi Persebaya di Liga 1 2024

Ia memulai karier profesionalnya sejak bergabung tim Liga 2 PS Timah Babel (2017), kemudian pindah ke Persegres Gresik (2018).

Setelah itu, ia menapaki kasta tertinggi sepak bola Indonesia dengan bergabung klub-klub Liga 1 yang berbasis di Jawa Timur. Di antaranya adalah Persela Lamongan (2019-2022), Madura United (2022-2024), dan kini bersama Persebaya.

Ia menjadi pusat perhatian berkat kontribusi besarnya dengan Madura United di Liga 1 2023-2024 musim lalu.

Catatan statistiknya menunjukkan sebagai pemain lokal paling produktif, mengungguli winger Borneo FC Stefano Lilipaly (11 gol) dan penyerang Arema FC Dedik Setiawan (9 gol).

Berposisi sebagai winger, ia mencetak 13 gol dan empat assist dari 36 kali main.

Ia juga menjadi salah satu pemain kunci keberhasilan Madura United bisa menempati posisi runnerup di Championship Series, prestasi terbaik tim asal Pulau Garam tersebut selama era Liga 1 Indonesia.

Pemain baru Persebaya Surabaya di Liga 1 2024-2025 Malik Risaldi latihan bersama tim di Lapangan Thor Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (26/6/2024) sore.Dokumentasi Persebaya Surabaya Pemain baru Persebaya Surabaya di Liga 1 2024-2025 Malik Risaldi latihan bersama tim di Lapangan Thor Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (26/6/2024) sore.

Hal itu membuat Malik Risaldi dipanggil Shin Tae-yong untuk bergabung memperkuat timnas Indonesia.

Ia mengisi peran Yakob Sayuri yang mengalami cedera pada kakinya. Pada laga FIFA Matchday, ia mendapatkan kesempatan debut melawan Tanzania meski hanya sebagai pemain pengganti.

Dia juga masuk skuad timnas Indonesia saat menjalani lanjutan Grup F babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina. Namu, dia tidak dimainkan di dua laga resmi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com