Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PT LIB dan PSSI Sinkronkan Jadwal Liga 1 dan Agenda Timnas Indonesia hingga Tiga Tahun Mendatang

KOMPAS.com - PSSI dan PT LIB telah melakukan sinkronisasi dalam menyusun jadwal Liga Indonesia untuk tiga tahun ke depan.

Sinergitas serta sinkronisasi ini memiliki tujuan agar tidak terjadi kekeliruan atau kesalahpahaman pada jadwal Liga 1 dengan beberapa agenda timnas Indonesia.

"PSSI menginstruksikan kepada liga untuk membuat sinkronisasi jadwal sampai dengan musim tahun sampai musim 2026-2027, artinya tiga tahun ke depan," ucap Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus kepada awak media pada Kamis (20/6/2024), di Jakarta.

"Jadwal Liga Indonesia ke depan dipastikan akan bersinergi dan akan sinkron dengan jadwal agendanya tim nasional Indonesia," ujar Ferry menambahkan.

"Baik tim nasional Indonesia yang akan berlaga di Kualifikasi Piala Dunia kemudian beberapa agenda kaitannya dengan jadwal FIFA Matchday yang akan dilakukan," tuturnya.

Senada dengan PT LIB, PSSI mendukung dengan terjalinnya sinkronisasi jadwal yang telah dibicarakan bersama.

"Alhamdulillah setelah diskusi panjang, antara Liga, PSSI, BTN, dan timnas ada jaminan untuk tiga tahun ke depan tidak akan ada perubahan kalender," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. 

"Dengan sudah jelas slot untuk liga dan slot untuk timnas, maka beberapa pertandingan penting timnas, seperti kualifikasi Piala Dunia babak ketiga akan aman. Sudah seharusnya antara Liga dan PSSI bisa serasi," ujar Menteri BUMN itu.

Kilas balik dalam gelaran Piala Asia U23 2024, di mana Liga 1 sempat dihentikan sementara agar klub mau melepas pemainnya ke timnas U23 Indonesia.

Saat itu, beberapa klub enggan melepas pemainnya ke timnas U23 Indonesia sebab tengah berjuang untuk keluar dari zona degradasi.

Pemain U23 yang dipanggil ke skuad Garuda Muda dianggap memiliki peran penting di klub.

Pertandingan Liga 1 2024-2025 akan segera bergulir pada Jumat (9/8/2024) di Bandung.

Persib Bandung sebagai pemenang Championship Series Liga 1 akan menghadapi PSBS Biak yang menjadi juara Liga 2.

https://bola.kompas.com/read/2024/06/21/05450058/pt-lib-dan-pssi-sinkronkan-jadwal-liga-1-dan-agenda-timnas-indonesia-hingga-tiga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke