Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persija Bebas dari Sanksi FIFA

KOMPAS.com - Persija Jakarta sudah menyelesaikan permasalahan terkait sanksi FIFA berupa larangan merekrut pemain maksimal tiga periode bursa transfer.  

Salah satu kewajiban Persija dalam proses transfer di awal Liga 1 2023/2024 dengan pihak terkait telah dituntaskan. Alhasil, Macan Kemayoran telah terbebas dari sanksi tersebut.

“Alhamdulillah Persija sudah membereskan hal-hal yang menjadi dasar dari sanksi FIFA. Kami sudah berkoordinasi dengan seluruh pihak yang berkaitan dan kini sudah beres semuanya,” kata Direktur Utama Persija, Ambono Janurianto.

Manajemen Persija tidak pernah terbetik untuk membuat masalah sehubungan dengan transfer pemain. Kini masalah telah terlewati, saatnya fokus 100 persen menatap musim baru.

Persija dan empat klub Liga Indonesia lainnya, yakni Persikabo, Persiraja, SADA Sumut FC, dan Persiwa Wamena, dijatuhkan sanksi embargo transfer selama tiga periode. Awal masa hukuman untuk masing-masing klub tidak sama.

Persija dan Persiraja mulai dijatuhi hukuman sejak 26 Januari 2024. 

FIFA tidak merinci secara spesifik pelanggaran yang dilakukan oleh kelima klub tersebut. Namun, berdasarkan peraturan yang ada, embargo transfer dapat dijatuhkan akibat beberapa hal seperti kewajiban pembayaran yang jatuh tempo, pemutusan kontrak tanpa alasan jelas, dan kegagalan membayar kewajiban finansial tepat waktu.

Salah satu kasus yang mungkin berkaitan dengan sanksi ini adalah gugatan yang dimenangkan Marko Simic terhadap Persija Jakarta pada 2023.

Penyerang asal Kroasia itu sempat menggugat Persija ke FIFA akibat tertundanya pembayaran gaji pada 2022. Persija kemudian dikabarkan harus membayar total Rp25 miliar kepada Simic.

Meski demikian, pada Juni 2023, Simic kembali berseragam Persija dengan kontrak baru selama dua tahun. Banyak pihak meyakini ini merupakan jalan tengah penyelesaian sengketa antara Simic dan Persija, meski belum ada konfirmasi resmi dari kedua pihak.

https://bola.kompas.com/read/2024/06/13/13292828/persija-bebas-dari-sanksi-fifa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke