Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tekad Satoru Mochizuki Tingkatkan Performa Timnas U17 Putri Indonesia

KOMPAS.com - Pelatih timnas U17 putri Indonesia, Satoru Mochizuki, bertekad untuk memperbaiki performa anak asuhnya setelah menelan tiga kekalahan beruntun di Piala Asia U17 Putri 2024.

Skuad Garuda Pertiwi bermain tanpa kemenangan selama fase grup Piala Asia U17 Putri 2024. Mereka kalah 1-6 pada laga perdana saat menghadapi Filipina. 

Kekalahan pun masih menyelimuti timnas U17 putri Indonesia kala melawan Korea Selatan. Mereka harus takluk dengan skor akhir 0-12.

Claudia Scheunemann dkk belum berhasil menutup perjuangan dalam fase grup Piala Asia U17 Putri 2024 dengan kemenangan. Indonesia kembali kalah 0-9 dari Korea Utara pada laga terakhir Grup A.

Tiga kekalahan terasa menyesakkan untuk Satoru Mochizuki. Namun, sang pelatih asal Jepang tetap merasa besar hati dengan capaian Garuda Pertiwi. 

“Kita memang kalah, tetapi saya lihat permainan anak-anak tadi mereka berusaha sampai di menit akhir menahan hampir kebobolan. Kecewa, tapi saya ada rasa bangga kepada anak-anak,” kata Mochizuki dikutip dari laman PSSI.

Mochizuki mengakui perbedaan level terlihat jelas dalam tiga laga yang dijalani timnas U17 Putri Indonesia di Piala Asia U17 Putri 2024, terutama dalam hal fundamental sepak bola. 

“Semua ini harus terus dilanjutkan, setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, setiap tahun. Ini akan menjadi awal mula, pemain harus tetap semangat dan terus berlatih, dan berusaha lebih keras lagi,” ucapnya.

Setelah kompetisi ini berakhir, Mochizuki berencana untuk mengevaluasi kemampuan para pemainnya.

Ia mengaku telah mempelajari kekuatan tim-tim lain yang juga ambil bagian di Piala Asia U17 Putri 2024 seperti Australia, China, dan Jepang.

“Saya juga melihat pertandingan di grup lain, seperti Australia, China, lalu ada Jepang juga, jadi saya bisa mengetahui seberapa jauh perbandingan level kita dengan mereka.”

“Dengan begitu harapannya saya bisa mendapatkan gambaran, peta kekuatan negara lain, saat ini kita bagaimana, agar ke depannya bisa lebih baik,” ucap Mochizuki.

Terkait pencarian bakat sepak bola putri, Mochizuki mengakui bahwa dia masih perlu mempelajari lebih banyak tentang situasi di Indonesia.

Pelatih asal Jepang tersebut ingin meningkatkan komunikasi dengan para staf, ofisial, dan PSSI.

“Saya juga baru datang ke Indonesia, saya belum tahu lebih detailnya seperti apa, saya ingin informasi yang lebih banyak lagi, dan bisa saya pelajari,” tutur Mochizuki.

“Untuk itu, saya memperbanyak komunikasi dengan para staf, ofisial, dan PSSI, rencana kami nanti akan mengadakan scouting pemain, perlu juga menyebarluaskan mengenai sepak bola wanita, agar semua pihak mengetahuinya,” ujarnya menjelaskan.

https://bola.kompas.com/read/2024/05/13/14000038/tekad-satoru-mochizuki-tingkatkan-performa-timnas-u17-putri-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke