Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Klok Lihat Marselino Kerja Keras untuk Negara, Sesalkan Warganet yang Asal Bicara

KOMPAS.com - Gelandang timnas U23 Indonesia, Marselino Ferdinan, jadi sasaran hujatan warganet menyusul kegagalan Garuda Muda menyegel peringkat tiga Piala Asia U23 2024. 

Ada netizen yang menilai Marselino egois dan terlalu banyak memamerkan skill individunya di atas lapangan. 

Pengambilan keputusan Marselino dalam laga kontra Irak pun dianggap keliru. Kesimpulan diambil oleh warganet dengan melihat ekspresi kecewa rekan-rekan setim Marselino yang terekam kamera. 

Seperti diketahui, timnas U23 Indonesia takluk 1-2 dari Irak pada laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U23 2024, Kamis (2/5/2024), di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. 

Hasil tersebut membuat Indonesia masih harus bertarung melawan Guinea dalam laga playoff antarkonfederasi pada 9 Mei mendatang, untuk memperebutkan satu tiket terakhir ke Olimpiade Paris 2024. 

Gelandang senior timnas Indonesia, Marc Klok, turut berkomentar soal hujatan yang deras diarahkan netizen kepada juniornya, Marselino. 

Sebagai pemain yang dituakan di timnas Indonesia, Klok ingin turut menjaga mentalitas pemain muda masa depan Indonesia seperti Marselino, agar tidak jatuh saat menerima badai hujatan. 

“Kemarin saya bicara dengan Marselino, saya Whatsapp dia. Gimana kondisi kamu? Oke, semua oke,” kata Klok.

“Tapi, ini sepak bola dan mungkin ini Indonesia. Menurut saya dia tidak melakukan hal yang buruk dan tidak lakukan masalah. Hanya, mungkin pengambilan keputusan waktu itu mungkin tidak terlalu baik,” paparnya.

Dalam sepak bola, menurut Klok semua pemain bisa mengambil keputusan kurang tepat mengingat ruang atau jarak penglihatan yang terbatas di lapangan. 

Belum lagi, tekanan dari pihak lawan membuat setiap pemain dituntut menentukan keputusan dalam sepersekian detik. Hal tersebut tak mudah dilakukan. 

“Sepak bola juga tidak bisa selalu ambil keputusan yang bagusnya saja, seperti selalu bikin assist atau gol,” tutur Klok.

“Lihat dia (Marselino) kasih kerja keras untuk negara, tidak usah kasih hujatan kepada dia, dia masih muda. Tapi yang penting saya bicara sama dia, pasti hal ini akan dilakukan lebih banyak lagi,” kata Klok pasang badan. 

Ia berpesan kepada Marselino untuk melupakan pertandingan terakhir lawan Irak dan bangkit memberi pembuktian pada laga playoff Olimpiade 2024 kontra Guinea di Paris nanti. 

“Terpenting bagaimana kamu mengatasinya dan bagaimana menghadapi komentar itu. Menurut saya, jika kita memiliki pemain bintang di Indonesia, talenta sangat baik, kita jangan buat dia down. Kita harus kasih dia motivasi supaya bisa lebih pintar lagi,” tutur Klok. 

Klok menyesalkan adanya sejumlah netizen yang asal bicara, mencari kambing hitam dari kekalahan timnas U23 Indonesia kemarin. 

“Tapi, kalau di sini, kalau mungkin kita main tidak bagus atau hasil di sini tidak baik, kita selalu mencari seseorang untuk disalahkan,” tutur pemain yang kini berkostum Persib Bandung itu. 

“Saya rasa itu hal yang tidak benar untuk dilakukan. Kita harus saling mengangkat, itu negara kita, itu timnas kita. Bahkan di saat buruk kita harus bergembira.”

Klok yakin Marselino bisa bangkit dan mengangkat prestasi timnas Indonesia di kancah internasional. 

Keputusan Marselino dan penggawa Garuda Muda lain untuk tak peduli kepada ocehan miring warganet di media sosial, dinilai Klok adalah sebuah sikap yang positif. 

“Untuk Marselino, terutama saat ini, ya ini sepak bola dan dia harus menghadapinya.”

“Dia pria kuat yang saya kenal dan dia juga mengatakan pada saya bahwa mereka tidak terlalu peduli tentang itu,” kata Klok. 

https://bola.kompas.com/read/2024/05/06/05250068/klok-lihat-marselino-kerja-keras-untuk-negara-sesalkan-warganet-yang-asal-bicara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke