Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal Menarik dari Laga Timnas U23 Indonesia Vs Australia

KOMPAS.com - Timnas U23 Indonesia berhasil menang 1-0 atas Australia di laga kedua Grup A Piala Asia U23 2024. 

Partai Indonesia vs Australia di ajang Piala Asia U23 2024 ditentukan oleh gol tandukan bek Komang Teguh pada menit ke-45 laga atau persis sebelum jeda babak.

Hasil ini menjadi kemenangan pertama Garuda Muda pada laga kedua mereka berpartisipasi di Piala Asia U23 mengingat komeptisi edisi 2024 merupakan debut mereka di turnamen.

Garuda Muda kini mengoleksi tiga poin dari dua laga pertama di Grup A Piala Asia U23 2024.

Berikut adalah 5 hal menarik dari kemenangan bersejarah tersebut.

1. Kupas Line Up

Berbeda dari beberapa line up Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong dalam beberapa bulan terakhir, skuad Garuda sekarang dihuni mayoritas pemain dari liga domestik.

Tujuh pemain yang menjadi starter pada laga kontra Australia bermain di Liga 1. Mereka adalah kiper Ernando Ari (Persebaya), Muhammad Ferrari dan Rizki Ridho (Persija), Komang Teguh (Borneo FC), Witan Sulaeman (Bhayangkara), Jeam Kelly Sroyer (Persik), dan Muhammad Fathur (Borneo FC).

Sisanya adalah pemain-pemain diaspora dalam diri Marselino Ferdinan (KMSK Deinze, Belgia), Rafael Struick (ADO Den Haag, Belanda), Pratama Arhan (Suwon FC, Korsel), dan Nathan Tjoe (SC Heerenveen, Belanda).

2. Nathan Berikan Ketenangan di lini tengah

Absensi Ivar Jenner yang harus menepi sementara karena mendapat dua kartu kuning pada laga kontra Qatar disikapi pelatih Shin Tae-yong dengan menurunkan duo Nathan Tjoe-A-On dan Marselino Ferdinan di tengah lapangan.

Fajar Fathur Rahman turun di posisi wing back kanan untuk menggantikan Arkhan Fikri yang turun kontra Qatar.

Nathan yang sebelum ini selalu turun di posisi bek kiri bersama Timnas Indonesia, memukau di ruang mesin Garuda Muda. Ia memberikan ketenangan dengan operan-operan dan pergerakannya yang meliput banyak area di lapangan tengah dan sisi kiri.

Dirinya bahkan menyediakan assist bagi gol tunggal Garuda Muda ketika tendangan volinya di dalam kotak penalti disambar bek Komang Teguh lewat kepala.

3. Ernando Garda Terakhir Pasukan Garuda

Selain gol Komang Teguh, momen emas babak pertama datang kala kiper Ernando Ari menahan penalti Mohamed Toure pada menit ke-25. Kiper Persebaya Surabaya ini terbang ke arah kirinya untuk menahan tembakan eksekutor Australia, Mohamed Toure.

Tak hanya itu, Ernando juga beberapa kali melakukan penyelamatan refleks impresif dengan gawang Garuda Muda dibombardir Olyroos, julukan timnas U23 Australia.

Total, Australia U23 melepas 21 tembakan ke gawang, 16 di antaranya dari dalam kotak penalti, dengan Ernando harus sigap melakukan empat penyelamatan.

Selain itu, ia juga tampil solid dalam mengklaim umpan-umpan silang dari para pemain lawan.

4. Gol Bersejarah Komang Teguh

Gol Komang Teguh merupakan yang pertama bagi Garuda Muda di Piala Asia U23. Gol tersebut datang pada laga kedua Timnas U23 Indonesia di turnamen debutnya kini.

Hebatnya, gol Komang tersebut datang dari tembakan tepat sasaran pertama dan satu-satunya pasukan Shin Tae-yong sepanjang laga.

5. Patahkan Catatan Emas Australia di Fase Grup

Timnas U23 Australia tidak menelan satu pun kekalahan pun di fase grup dalam dua turnamen Piala Asia U23 terakhir mereka, 2022 dan 2020.

Alhasil, Garuda Muda memberikan Australia U23 kekalahan pertama di fase grup Piala Asia U23 sejak mereka kalah 0-1 dari Vietnam pada turnamen edisi 2018.

https://bola.kompas.com/read/2024/04/18/22561238/5-hal-menarik-dari-laga-timnas-u23-indonesia-vs-australia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke