Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Empat Tim Semifinalis Liga 2 2023-2024, Duel Barat dan Timur

KOMPAS.com – Kompetisi Liga 2 2023-2024 memasuki semifinal untuk menentukan tim yang akan mendapatkan tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

Ada empat tim yang lolos dari babak 12 besar Liga 2 untuk bertarung di babak ini yakni Persiraja Banda Aceh, Semen Padang, Malut United, dan PSBS Biak.

Keempat tim tersebut menghadirkan pertarungan tim wilayah barat dan wilayah timur Indonesia. Persiraja Banda Aceh dan Semen Padang mewakili Sumatera dan wilayah barat sedangkan PSBS Biak dan Malut United mewakili Indonesia Timur.

Berdasarkan hasil drawing babak semifinal Liga 2 2023-2024 yang dilakukan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Persiraja akan berhadapan dengan PSBS sedangkan di laga lainnya Semen Padang akan melawan Malut United.

Direktur PT LIB, Ferry Paulus, mengatakan bahwa drawing semifinal Liga 2 musim ini memang akan terasa berat bagi masing-masing tim karena laga dihelat dengan format kandang-tandang.

Kendati begitu, menurutnya hal tersebut merupakan dinamika yang harus dihadapi keempat tim tersebut.

“Persiraja harus bertemu dengan Biak dari ujung ke ujung (Timur ke Barat). Tadi teman-teman klub sudah menyampaikan keresahannya karena perjalanannya akan memakan waktu kira-kira dua hari, yakni dari Papua ke Jakarta dan besoknya dari Jakarta ke Aceh,” tuturnya.

Berikut profil 4 tim yang akan bertanding di semifinal Liga 2 2023-2024:

1. Malut United FC

Bisa dibilang Malut United adalah tim Liga 2 rasa Liga 1 karena semua lini mereka dihuni oleh pemain-pemain yang pernah mentas di Liga 1, mulai dari penjaga gawang hingga penyerang.

Malut mengandalkan pemain-pemain berpengalaman seperti Joko Ribowo, Rio Saputra, Bagus Nirwanto, Deddy Gusmawan, Finky Pasamba, Alwi Slamat, Wawan Febrianto, hingga rekrutan anyar di paruh musim, Frets Butuan, yang didatangkan dari Persib Bandung.

2. PSBS Biak

Tim ini juga banyak dihuni pemain-pemain bintang di semua lini mulai dari Gery Mandagi, Israel Wamiau, Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Fabiano Beltrame, Ruben Sanadi, Muhammad Tahir, Osas Saha, dan Beto Goncalves. Mereka sekaligus menjadi salah satu tim favorit juara Liga 2 musim ini.

Materi pemain-pemain bintang yang kenyang pengalaman di Liga 1 tersebut memberi kontribusi positif pada performa tim sejak bergulirnya Liga 2 2023-2024 lalu. PSBS tampil begitu superior dengan memastikan diri sebagai tim pertama yang lolos ke babak semifinal.

3. Persiraja Banda Aceh

Membuat kejutan di awal musim dengan mendatangkan bintang mantan Timnas Indonesia, Andik Vermansyah dan mantan pemain Madura United David Laly.

Persiraja pun digadang-gadang bakal menjadi kompetitor serius bagi Malut, PSBS, dan Semen Padang. Berbekal pengalaman mentas di Liga1, tim berjuluk Laskar Rencong itu juga difavoritkan akan melenggang ke babak final Liga 2 2023-2024 dan merebut satu tiket promosi.

4. Semen Padang

Mengandalkan kolaborasi pemain muda dan pemain senior yang memiliki pengalaman di Liga 1 seperti Fandi Eko Utomo, Arsyad Yusgiantoro, Fakhrurrazi Quba dan pemain senior lainnya menjadi tulang punggung kekuatan tim.

Semen Padang tak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi tim juga menjadi salah satu tim yang difavoritkan bisa meraih tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

Tim memiliki rekam jejak yang cukup panjang di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Jadwal Babak Semifinal Liga 2 2023-2024 :

Leg Pertama, Minggu 25 Februari 2024

  • 15.30 WIB - Persiraja Banda Aceh vs PSBS Biak
  • 19.00 WIB - Malut United vs Semen Padang

Leg Kedua, Kamis 29 Februari 2024

  • 15.30 WIB - PSBS Biak vs Persiraja Banda Aceh
  • 19.00 WIB - Semen Padang vs Malut United

https://bola.kompas.com/read/2024/02/25/12515438/profil-empat-tim-semifinalis-liga-2-2023-2024-duel-barat-dan-timur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke