Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harapan Legenda Man United ke Sir Jim Ratcliffe: Kembalikan Kehormatan Klub

KOMPAS.com - Legenda Manchester United, Gary Neville, memiliki harapan besar terhadap investor baru klub, Sir Jim Ratcliffe. 

Man United mengumumkan pada Minggu (24/12/2023) malam bahwa CEO perusahaan bahan kimia INEOS, Sir Jim Ratcliffe, resmi mengakuisisi 25 persen saham klub. 

Sir Jim Ratcliffe akan memberikan suntikan dana sebesar 237 poundsterling atau sekitar Rp 4,6 triliun untuk investasi ke Old Trafford. 

Gary Neville berharap Sir Jim Ratcliffe bisa mengembalikan kehormatan Man United, baik di dalam maupun di luar lapangan. 

"Manchester United 2023 sungguh memalukan sampai akhir. Waktunya sangat buruk dan tidak ada organisasi yang berfungsi yang akan memikirkan hal ini," tulis Neville di platform X.

"Semua yang terbaik untuk Jim Ratcliffe dan saya harap dia bisa menemukan cara untuk memperbaiki klub dan kembali menjadi sesuatu yang terhormat di dalam dan di luar lapangan."

Sir Jim Ratcliffe sendiri mengatakan bahwa tekadnya jelas yaitu ingin mengembalikan kejayaan Man United. 

"Ambisi kami jelas, kami semua ingin melihat Manchester United kembali ke tempat yang seharusnya, di puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia," kata Sir Jim Ratcliffe. 

Pengumuman ini sekaligus mengakhiri saga pembelian saham Man United selama setahun sejak pertama kali keluarga Glazer mengumumkan akan menjual klub pada November 2022. 

Ratcliffe dan konglomerat Qatar, Sheikh Jassim, sama-sama mencalonkan diri untuk menjadi pembeli Man United. 

Sheikh Jassim mundur dari persaingan pembelian Man United pada Oktober 2023 setelah penawarannya ditolak keluarga Glazer.

Ia ingin membeli Man United secara tunai sepenuhnya, tanpa utang, dan menghapus semua utang lama klub. Sheikh Jassim pun menawarkan lima miliar poundsterling, tetapi masih di bawah jumlah yang ditentukan keluarga Glazer.

Bahkan, ia juga menyediakan paket investasi yang bernilai lebih dari 8 miliar Amerika Serikat. Namun, tawaran itu ditolak dan keluarga Glazer memutuskan menjual 25 persen saham mereka ke Sir Jim Ratcliffe, 

https://bola.kompas.com/read/2023/12/25/10075678/harapan-legenda-man-united-ke-sir-jim-ratcliffe-kembalikan-kehormatan-klub

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke