Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Debut Stefano Beltrame di Persib, Akui Sulit Persaingan Liga Indonesia

BANDUNG, KOMPAS.com - Stefano Beltrame, gelandang eks Juventus, menjalani debut di Persib Bandung pada pertandingan melawan PSM Makassar dalam laga pekan ke-21 Liga 1 2023-2024. 

Ia masuk dari bangku cadangan mengganti Beckham Putra pada menit ke-71 dalam laga yang berkesudahan 0-0 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Senin (4/12/2023). 

Seperti yang telah diterangkan pelatih Persib Bojan Hodak sebelumnya, Beltrame masih butuh menyesuaikan diri karena ia datang dari negara Eropa Italia yang tengah memasuki musim dingin. 

Selain itu, dia juga butuh beradaptasi dengan gaya sepak bola Indonesia yang lebih mengandalkan fisik.

"Saya katakan tadi, dia datang dari cuaca yang berbeda dan gaya sepak bola yang berbeda. Jadi, dia butuh waktu untuk menyatu," kata Hodak. 

"Apa yang ditunjukkan dalam 15 sampai 20 menit, dia punya operan dan sentuhan yang bagus, dia bisa mengontrol bola, tentu saja dia bisa membantu kami, tetapi masih butuh waktu untuk beradaptasi," katanya. 

Stefano Beltrame jelas senang bisa melakukan debutnya di klub besar seperti Persib dalam suasana stadion yang megah dan suporter yang fanatik.

Walaupun hasil tidak sesuai keinginan, setidaknya tim sudah berusaha untuk mencoba memenangi duel klasik tersebut. 

"Itu luar biasa, saya bisa melakukan debut di stadion dengan suasana yang bagus, penuh oleh penggemar, saya benar-benar senang dan antusias," begitu perasaannya. 

Debut Beltrame memang tak menggembirakan sebab gagal menang, tetapi itulah sepak bola. 

Pemain yang pernah membela timnas Italia kategori usia muda ini akan melanjutkan pekerjaannya agar bisa lebih memberikan kontribusi lebih untuk Maung Bandung. 

Nyatanya sepak bola Indonesia tak semudah yang diperkirakan, tim juara bertahan Liga Indonesia PSM Makassar menunjukkan organisasi pertahanan yang solid bagi Beltrame.  

"Tentang hasil yang menurut saya kami pantas mendapatkan lebih, mereka adalah tim yang kuat, terorganisasi dengan baik dalam pertahanan," nilai Beltrame. 

Ia fokus menatap laga lanjutan melawan Persik Kediri di pekan ke-22 pada Minggu (10/12/2023) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). 

"Namun, terkadang hasil imbang bisa terjadi, sekarang kami harus bekerja lebih keras dan memikirkan pertandingan berikutnya," ucapnya. 

https://bola.kompas.com/read/2023/12/05/21300048/debut-stefano-beltrame-di-persib-akui-sulit-persaingan-liga-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke