Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Evaluasi Piala Dunia U17 2023 di Surabaya, Aman Tak Ada Insiden

KOMPAS.com – Kota Surabaya sukses menggelar event akbar sepak bola usia dini Piala Dunia U17 2023 Indonesia dengan lancar.

Keberhasilan ini diapresiasi banyak pihak karena dapat menggelar pembukaan Piala Dunia U17 yang berlangsung dengan meriah, lalu babak penyisihan Grup A dan laga babak 16 besar.

Total ada delapan pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur.

Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Jawa Timur, Kombes Pol Puji Santosa, merasa lega dan bersyukur pelaksanaan Piala Dunia U17 2023 berlangsung lancar dan tidak terganggu dengan insiden-insiden yang mengganggu pertandingan.

"Perhelatan yang luar biasa Piala Dunia U17 di GBT selama 12 hari, seluruhnya aman lancar. Tidak ada laporan apa pun," ujar pria yang biasa disapa Puji itu.

"Tidak ada laporan tindak kriminal. Menurut kami, pelaksanaan Piala Dunia di GBT berlangsung sukses dan aman," katanya.

Selain itu, 350 personel keamanan juga disiapkan di satuan kerja selama berlangsungnya Piala Dunia U17 2023 di Surabaya.

Tidak hanya mengamankan Stadion GBT sebagai venue pertandingan, pihak keamanan juga melakukan pengamanan ke fasilitas penunjang, seperti Lapangan THOR, Stadion Gelora 10 November Tambaksari, dan Lapangan A-C Kompleks Stadion GBT sebagai tempat latihan tim-tim peserta.

Selain itu, ada pula tempat-tempat vital lainnya, hotel tempat tim menginap, bandara, dan juga fasilitas publik lainnya.

Kapolda Jatim mengapresiasi kerja keras aparat keamanan yang sudah bekerja maksimal mengamankan gelaran Piala Dunia U17 2023.

Selain itu, Puji Santoso mengatakan terbantu dengan dukungan yang diberikan Pemerintah Kota Surabaya dengan menyediakan layanan shuttle bus sehingga tidak ada penumpukan suporter di area Stadion GBT.

"Kesuksesan ini bukan hanya karena Polri, melainkan juga berkat teman-teman wartawan, warga Surabaya, dan Pemkot Surabaya yang menyiapkan shuttle bus, juga teman-teman dari TNI,” ungkap Puji Santoso.

"Pengamanan kami lakukan mulai kedatangan di Bandara Juanda, kami kawal rute menuju hotel. Di hotel juga kami siapkan dan melakukan koordinasi security internal," katanya.

Model pengamanan yang diterapkan di Piala Dunia U17 2023 menurut Puji Santosa dapat diterapkan di kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

https://bola.kompas.com/read/2023/11/23/16300078/evaluasi-piala-dunia-u17-2023-di-surabaya-aman-tak-ada-insiden

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke