Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Filipina Vs Indonesia, Skuad The Azkals Bertebaran di Liga 1, Ancam Misi Garuda

KOMPAS.com - Pasca-tumbang 1-5 dari Irak, timnas Indonesia akan menjalani laga kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F melawan Filipina. 

Jadwal Filipina vs Indonesia akan berlangsung Selasa (21/11/2023) di Stadion Rizal Memorial.

Filipina juga menelan kekalahan di laga pertama oleh Vietnam 0-2, The Azkals—julukan timnas Filipina—tentu tak ingin menelan kembali kekalahan di kandang sendiri. 

Tim asuhan Hans Michael Weiss itu bertekad bangkit mengalahkan Garuda. Banyaknya pemain Filipina yang bermain di Liga Indonesia tampak akan menjadi keuntungan.

Ada nama Christian Rontini (Persita), Carli de Murga (Barito Putera), Simen Lyngbo (Persik Kediri), Mike Ott (Barito Putera), Kenshiro Daniels (RANS FC), dan Daisuke Sato (Persib Bandung). 

Bagi Sato, mereka sudah tahu bagaimana pemain timnas Indonesia bermain. Kondisi itu membuat Filipina bisa lebih mudah untuk menganalisisnya. 

"Ya itu menjadi keuntungan bagi kami karena banyak pemain kami yang bermain di Indonesia, mungkin 13-14 pemain yang bermain di liga (Indonesia)," kata Sato.

"Banyak dari mereka yang paham bagaimana Indonesia bermain, kami tahu mereka, kami tahu banyak pemain Indonesia dan itu membuat kami lebih mudah menganalisisnya. Ini jadi suatu keuntungan besar bagi kami," katanya. 

Sato mengeklaim, timnya punya banyak informasi tentang kekuatan Indonesia di tangan Shin Tae-yong. Timnya akan coba memaksimalkan kekurangan lawan yang rapuh di lini pertahanan. 

"Kami mempunyai banyak informasi untuk ini dan itu membantu kami untuk bertanding melawan Indonesia. Besar harapan karena saya bermain untuk tim nasional, saya bisa meraih kemenangan dari Indonesia," tuturnya. 

Filipina punya peluang menang karena bermain di hadapan suporternya sendiri, The Azkals merasakan energi lebih ketika bermain di kandang sendiri.

Sato dkk ingin membuat sulit Indonesia bermain di Rizal Memorial. 

"Indonesia, mereka tentu menjadi lawan yang sulit dan seperti yang saya pernah katakan bahwa kami adalah kuda hitam," katanya. 

"Namun, kami juga punya peluang untuk menang, terutama ketika bermain sebagai tuan rumah. Kami paham betul kondisi dari lapangan dan mereka kerap kesulitan ketika bermain di stadion Rizal Memoriam," katanya. 

https://bola.kompas.com/read/2023/11/19/13341358/filipina-vs-indonesia-skuad-the-azkals-bertebaran-di-liga-1-ancam-misi-garuda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke