Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Raphael Maitimo Bisa Menjadi Staf Ofisial Timnas U17 Kanada

KOMPAS.com - Raphael Maitimo mendadak ramai diperbincangkan karena menjadi bagian offisial timnas U17 Kanada pada gelaran Piala Dunia U17 2023 Indonesia.

Keberadaannya di timnas Kanada menjadi buah bibir. Sebab, ia pernah berseragam timnas Indonesia di beberapa ajang pada tahun 2014 silam.

Melalui Instagram pribadi, ia membagikan potret kesibukan barunya. Ia tampak beda dengan mengenakan seragam ofisial timnas Kanada.

Banyak yang mengira ia menjadi staf kepelatihan Andrew Olivieri itu. Namun, pesepak bola blasteran Belanda-Minangkabau tersebut menjalankan tugas lain.

"Ya betul, saya sebagai manager dan koordinator timnas Kanada untuk Piala Dunia U17," katanya kepada Kompas.com.

Raphael Maitimo bercerita bisa menjadi bagian timnas Kanada karena kebetulan.

Sebenarnya, saat ini ia menjadi bagian perusahaan asal Belanda yang menyediakan jasa pengelolaan kebutuhan klub sepak bola selama menjalani kompetisi atau turnamen jarak jauh.

Perusahaan ini membantu menyediakan sarana prasarana klub pengguna jasanya sehingga klub bisa fokus pada pekerjaan utamanya di kompetisi.

Timnas Kanada menjadi salah satu tim yang menggunakan jasa perusahaan tersebut selama gelaran Piala Dunia U17 2023.

Kemudian, secara kebetulan, pihak timnas Kanada meminta Raphael Maitimo untuk masuk sebagai staff ofisial. Alasannya adalah kedekatan sang pemain dengan negara Indonesia.

"Ini pekerjaan saya sekarang bersama Orange Veins milik orang Belanda, sudah bekerja sama dengan beberapa negara," ujarnya.

Ia pun menjelaskan kontrak kerja bersama timnas Kanada hanya sampai Piala Dunia U17 2023 berakhir. Dengan ini, ia sangat senang bisa mendapatkan pengalaman baru dalam kariernya.

"Kanada minta saya bisa jadi tim managernya karena saya sudah berpengalaman di Indonesia. Jadi, cuma Piala Dunia U17, sekarang saja," tutur mantan pemain Persib Bandung itu.

"Saya senang sekali, saya juga punya pengalaman untuk karier saya. Saya sangat senang kembali lagi ke rumah saya di Indonesia dan ketemu semua," imbuhnya.

Rapahel Maitimo sering membantu pelatih Andrew Olivieri di dalam lapangan. Ia terlihat ikut membantu program latihan timnas yang berjuluk Les Rogues pada sesi pemusatan latihan di Training Center Bali United.

"Target kami bisa lolos ke babak selanjutnya (babak 16 besar) yang akan main di Surabaya. Mudah-mudahan saya dan staf Kanada bisa membantu dengan pengalaman yang luar biasa,” tuturnya.

Ditanya soal tantangan dengan profesi barunya, ia merasa tidak ada kendala yang berarti. Meski dulu sebagai pemain kerap diurusi manajer, kini ia menjadi manajer yang mengurusi pemain.

“Tidak susah untuk saya karena sudah lama kerja di industri sepak bola. Staff Timnas Kanada bekerja sangat profesional,” pungkasnya.

Jelang berlangsungnya Piala Dunia U17 2023 yang tinggal menghitung hari, timnas Kanada sudah berada di Bali.

Nathanael Abraham dkk tergabung di Grup B Piala Dunia U17 2023 bersama Spanyol, Uzbekistan, dan Mali.

Selama babak penyisihan tim akan bermain di Stadion Manahan Solo.

https://bola.kompas.com/read/2023/11/05/05200068/cerita-raphael-maitimo-bisa-menjadi-staf-ofisial-timnas-u17-kanada

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke