Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Timnas U23 Indonesia Vs Turkmenistan: Saatnya Revans dan Cetak Sejarah

KOMPAS.com - Timnas U23 Indonesia akan melawan Turkmenistan U23 dalam penyisihan Grup K Kualifikasi Piala Asia U23.

Duel akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023) pukul 19.00 WIB.

Pertandingan ini sangat penting bagi kedua tim. Pasalnya, hasil laga nanti akan menentukan siapa yang berstatus juara Grup K.

Indonesia untuk sementara menempati puncak klasemen berbekal pesta gol ke gawang Taiwan.

Turkmenistan menempati peringkat kedua karena kalah selisih gol. Sebab, mereka hanya menang 4-0 atas Taiwan pada Jumat (8/9/2023).

Sembilan gol ke gawang Taiwan dihasilkan Marselino Ferdinan (2 gol), Ramadhan Sananta, Rafael Struick, Witan Sulaeman, Rio Fahmi, Elkan Baggott, Hokky Caraka dan Pratama Arhan.

Situasi ini memberikan keuntungan bagi Timnas U23. Garuda Muda hanya perlu meraih hasil imbang untuk menyegel posisi puncak Grup K.

Akan tetapi pelatih Timnas U23, Shin Tae-yong, enggan mencari hasil imbang. Pelatih asal Korea Selatan ini tetap menargetkan kemenangan dan dia yakin bisa mewujudkannya.

"Turkmenistan tanding tanggal 8 dan baru melawan Indonesia tanggal 12, jadi punya waktu istirahat cukup banyak. Pasti juga bisa adaptasi dengan cuaca," kata Shin Tae-yong.

"Memang tidak mudah (melawan Turkmenistan), tetapi menurut saya pasti kami bisa meraih kemenangan," tutur Shin Tae-yong usai laga melawan Taiwan.

Namun, perlu diingat bahwa rekor pertemuan berpihak kepada Turkmenistan U-23.

Pertemuan Garuda Muda dan Turkmenistan U-23 terjadi pada 23 Februari 2011, dalam leg pertama Kualifikasi Olimpiade AFC. Timnas U-23 kalah 1-3.

Sebelum kemudian pada leg kedua, tepatnya 9 Maret 2011, Timnas U-23 kembali bertemu Turkmenistan U-23 dan kalah 0-1.

Turkmenistan U-23 selalu mencetak gol dalam dua pertemuan itu, sementara Garuda Muda hanya mampu membalas dengan satu gol.

Nah, pertandingan di Solo akan menjadi kesempatan Timnas U23 Indonesia melakukan revans sekaligus memastikan tiket ke Piala Asia U23.

Dengan demikian, Timnas U23 akan mencetak sejarah. Sebab, Garuda Muda belum pernah tampil di panggung utama Piala Asia U23.

https://bola.kompas.com/read/2023/09/11/12104648/timnas-u23-indonesia-vs-turkmenistan-saatnya-revans-dan-cetak-sejarah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke