Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Robi Darwis Sering Perkuat Timnas meski Jarang Bermain di Persib

KOMPAS.com - Gelandang Persib Bandung, Robi Darwis, menyusul bergabung dengan skuad Timnas U23 Indonesia yang tengah bersiap menjalani dua laga Kualifikasi Piala Asia U23. 

Indonesia tergabung di Grup K. Garuda Muda akan melawan China Taipei pada Sabtu (9/9/2023).

Tiga hari kemudian, Timnas U23 bertemu Turkmenistan, Selasa (12/9/2023), di Stadion Manahan Solo.

Selain Robi ada pula Kakang Rudianto. Bek Persib ini menyusul rekan setimnya, Beckham Putra, yang lebih dulu menjalani pelatihan di Solo. 

Ada hal unik mengenai Robi Darwis. Berbeda dengan Kakang dan Beckham yang sama-sama punya menit bermain yang cukup banyak di klub, Robi Darwis terbilang minim.

Robi bisa dikatakan jarang mendapatkan kesempatan dalam Liga 1 2023-2024. Ia baru memainkan lima pertandingan dari 11 laga Persib dengan rincian sekali menjadi starter dan empat kali masuk dari bangku cadangan.

Pada era kepelatihan Bojan Hodak, ia sama sekali belum mendapatkan kesempatan bermain. Dalam tiga pertandingan, ia harus puas hanya menjadi pemanis bangku cadangan. 

Keputusan pemanggilan Robi Darwis ke Timnas U23 memang menjadi hak pelatih Shin Tae-yong (STY). 

Pelatih asal Korea Selatan itu pasti punya alasan, melihat track record Robi di timnas.

Berikut ini alasan mengapa pemain asal Cianjur itu tak perlu diragukan menjadi bagian skuad Garuda Muda. 

1. Runner up Piala AFF U23 2023

Robi Darwis adalah salah satu pemain Timnas U23 arahan Shin Tae-yong yang berhasil mencapai final pada gelaran Piala AFF U23 2023 beberapa waktu lalu di Thailand. 

Robi diandalkan STY dalam tiga pertandingan melawan Malaysia, Thailand (semifinal), dan Vietnam (final). 

Guna melanjutkan peruntungan timnas yang mampu mencapai final itu, ide STY kembali memanggil Robi.

Hal ini mengingat Alfeandra Dewangga, Dony Tri Pamungkas, dan Dzaky Asraf mendadak memperkuat Timnas senior yang akan jalani laga FIFA Match Day. 

2. STY tangani Robi Darwis di Timnas U19

Jauh sebelumnya, STY juga turut memanggil Robi Darwis di Timnas U19 yang kala itu dipersiapkan untuk gelaran Piala Dunia U20. 

Robi bermain di Kualifikasi Piala Asia U20, putaran final Piala Asia U20, dan serangkaian pertandingan persahabatan internasional.

Dilihat dari rekam jejak Robi Darwis di Timnas U19, berdasarkan catatan yang dihimpun Transfermarkt, ia bermain dalam 11 pertandingan dengan kontribusi empat assist. 

STY tahu betul perkembangan Robi Darwis sejak usia yang masih dini. 

3. Kemampuan long throw-in

Indonesia punya Pratama Arhan yang dikenal memiliki lemparan ke dalam yang jauh atau panjang menggapai kotak penalti. 

Selan Arhan, Robi Darwis juga bisa diandalkan. Beberapa kali ia melakukan lemparan ke dalam jauh yang membuat lawan deg-degan. 

Beberapa kali Robi menyumbang assist lewat lemparan ke dalam jauh, salah satunya dalam kemenangan Indonesia atas tuan rumah Thailand pada semifinal Piala AFF U23. 

Lemparan jauhnya bisa dimaksimalkan Muhammad Ferarri untuk mencetak gol. Indonesia menang 3-1 kala itu. Lemparan ke dalam jauh ini menjadi senjata istimewa Robi. 

4. Multifungsi posisi

Era sepak bola modern menuntut pemain bisa bermain lebih dari satu posisi yang bisa ia kuasai. Robi Darwis bisa dimainkan dalam tiga posisi berbeda. 

Meski pos aslinya gelandang bertahan, pemain jebolan Akademi Persib ini piawai memainkan posisi center back hingga wing back kanan. 

STY lagi-lagi orang yang berinisiatif menjadikan Robi center back. Kemampuan build-up Robi dimaksimalkan STY untuk memulai serangan dari bawah. 

Wing back jadi opsi posisi yang bisa dimainkan Robi. Ia mendadak bisa jadi bek sayap kanan ketika Bagas Kaffa mengalami cedera saat pemanasan di semifinal Piala AFF U23.

Meski tak begitu banyak menit bermain di Persib, tetapi pengalaman Robi di Timnas Indonesia membuatnya tetap percaya diri. 

Ia tahu sebagai pemain muda harus mampu bersaing memperebutkan tempat reguler bersama pemain senior di Persib. 

Kini, Robi akan kembali mengerahkan fokus dan kemampuannya guna membawa Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2024 nanti di Qatar.

“Tentunya di timnas jadi modal untuk Robi karena menjadikan kepercayaan diri lebih lagi dan pengalaman juga kan."

"Apalagi di AFF U23 itu debut Robi di kompetisi U23 juga kan dari U20. Itu lumayan tren yang baik juga,” papar pemain 20 tahun ini. 

https://bola.kompas.com/read/2023/09/07/13000008/alasan-robi-darwis-sering-perkuat-timnas-meski-jarang-bermain-di-persib

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke