Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

500 Anak Ikut Klinik Kepelatihan, Malut United Ingin Bangkitkan Gairah Sepak Bola Maluku Utara

KOMPAS.com - Tim Liga 2, Maluku Utara United (Malut United), menggelar klinik kepelatihan untuk anak-anak Sekolah Sepak Bola (SSB) di Gelora Kie Raha pada Minggu (13/8/2023) sore. 

Kompas.com hadir langsung dalam acara klinik kepelatihan ini. Ratusan anak kategori U-9 dan U-10 ini tampak bersemangat untuk berlatih. 

Mereka dilatih langsung oleh jajaran kepelatihan Malut United yang dipimpin oleh Imran Nahumarury. 

Pemain-pemain Malut United seperti Ilham Udin Armyn, Dedy Gusmawan, dan Hendra Bayauw juga tampak hadir membimbing anak-anak dalam berlatih. 

Mereka diajarkan teknik-teknik dasar sepak bola hingga kemudian melakoni sebuah pertandingan. 

COO Malut United FC, Willhem Dominggus Nanlohy, menjelaskan ada 19 SSB yang mengikuti klinik kepelatihan pada hari ini. 

"Jumlahnya sekitar 500 anak dari 19 SSB," kata Willhem. 

Selain menggelar klinik kepelatihan di Ternate, Malut United juga akan melaksanakan coaching clinic di Lapangan Kursus yang terletak di Sofifi pada Senin (14/8/2023). 

Acara tersebut digelar setelah seremoni peletakan batu pertama stadion Malut United Arena yang akan dibangun. 

Sejumlah pejabat daerah diharapkan hadir dan berpartisipasi, termasuk Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba. 

Nantinya, stadion ini bisa menjadi salah satu pusat pergerakan ekonomi dan hiburan masyarakat. Konsep stadion bernama Malut United Arena ini dirancang untuk menjadi kompleks olahraga, sebagai ruang publik

Kemudian pada Selasa (15/8/2023), Malut United kembali menggelar coaching clinic di Tidore. 

"Klink kepelatihan ini investasi panjang untuk Malut United. Menjadi investasi karena anak-anak ini akan masuk akademi yang akan dibuat setelah stadion baru rampung. Kami akan menjadi bapak angkat untuk SSB ini," jelas Willhem. 

"Pelatih juga akan kami berikan kepelatihan terstruktur nanti. Misalnya, pola permainan kami seperti apa, jadi pelatih SSB sudah mengetahui. Jadi polanya sama," ujar dia menambahkan. 

Menurut Willhem Dominggus, keberadaan tim Malut United FC selama seminggu di Maluku Utara sebelum mengikuti kompetisi Liga 2 diharapkan menjadi momentum lahirnya hubungan istimewa antara klub dengan seluruh pencinta sepak bola di Maluku Utara.

"Kami membutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat Maluku Utara untuk menggerakkan dan membangkitkan prestasi sepak bola lewat kehadiran Malut United FC," kata Willhem Dominggus.

Hal senada disampaikan oleh Imran. "Tak hanya itu, kami juga akan menggelar coaching clinic dan melakukan kegiatan sosial di Ternate, Sofifi, dan Tidore. Kami ingin Malut United FC terlibat dalam gairah sepak bola di Maluku Utara," kata Imran.

Adapun proses pembentukan tim yang dilatih oleh Imran Nahumarury ini terus dimatangkan menjelang kompetisi yang akan digelar awal September 2023.

"Kami mempersiapkan tim Malut United FC untuk berkompetisi dan berprestasi di Liga 2. Bersama coach Imran Nahumarury dan tim pelatih, kami memilih dan mempersiapkan skuad yang akan berjuang untuk lolos ke Liga 1 secepat mungkin," jelas Willhem.

Untuk musim 2023-2024, manajemen klub telah memilih Stadion Madya, Jakarta, sebagai markas tim.

"Sembari merenovasi Stadion Kie Raha di Ternate yang akan menjadi markas sementara Malut United FC, kami sudah mempersiapkan pembangunan stadion berstandar FIFA yang akan menjadi rumah Malut United FC di Sofifi," ujar Zainuddin Umasangadji, GM Malut United FC.

Pada 28 Mei 2023, secara resmi Maluku Utara memiliki sebuah klub sepak bola yang akan berlaga di kompetisi nasional.

Klub bernama Malut United FC mengambil alih posisi Putra Delta Sidoarjo, klub yang berlaga di Liga 2.

Proses peralihan kepemilikan Putra Delta Sidoarjo selesai pada akhir Januari 2023.

Inilah momentum bagi PT Malut Maju Sejahtera, perusahaan yang mengakuisisi klub asal Jawa Timur itu dan mulai me kembali sepak bola Maluku Utara lewat kehadiran klub yang berkompetisi di Liga 2.

https://bola.kompas.com/read/2023/08/13/20000088/500-anak-ikut-klinik-kepelatihan-malut-united-ingin-bangkitkan-gairah-sepak-bola

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke