Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kronologi Lionel Messi ke Inter Miami: Pisah dari PSG, Nyaris Balik ke Barcelona

KOMPAS.com - Lionel Messi memutuskan pindah ke Inter Miami pada Rabu (7/6/2023) setelah kontraknya dengan Paris Saint-Germain (PSG) berakhir. 

Lionel Messi bergabung dengan PSG pada Agustus 2021 setelah berpisah dari Barcelona. Selama dua tahun di PSG, Messi bertanding 75 kali dan menghasilkan 32 gol serta 35 assist. 

Megabintang asal Argentina beralias La Pulga itu juga membantu PSG meraih tiga trofi, yakni dua gelar Liga Perancis dan satu Piala Super Perancis.

Adapun perpisahan Messi dengan PSG ditandai dengan kekalahan tim ibu kota Perancis itu dari Clermont Foot pada laga terakhir Liga Perancis 2022-2023. 

PSG takluk 2-3 dalam pertandingan yang berlangsung di markas sendiri, yakni di Stadion Parc des Princes pada Minggu (4/6/2023) dini hari WIB. 

Perpisahan dengan PSG memunculkan spekulasi masa depan Lionel Messi. Barcelona disorot karena upayanya ingin memulangkan sang megabintang. 

Presiden Barcelona, Joan Laporta, juga melakukan pertemuan dengan Jorge Messi, ayah sekaligus agen Lionel Messi pada Senin (5/6/2023). 

Pertemuan yang dilakukan di rumah Joan Laporta disebut-sebut membahas kesempatan kembalinya Lionel Messi ke Barcelona. 

"Leo ingin kembali ke Barcelona dan saya ingin melihatnya kembali ke Barca," ucap Jorge Messi, seperti ditulis pakar transer Eropa, Fabrizio Romano, di Twitter-nya. 

"Kepindahan ke Barca adalah sebuah opsi pastinya," tutur Jorge Messi menambahkan. 

"Saya akan bergabung dengan Inter Miami. Keputusan sudah 100 persen," kata Messi kepada media Spanyol, Mundo Deportivo.

"Kebenarannya adalah ini keputusan akhir saya, pergi ke tempat lain dan bukan karena uang," imbuh kapten timnas Argentina tersebut.

Barcelona pun merilis pernyataan resmi terkait situasi ini. Mereka menghormati keputusan Lionel Messi dan mendoakan kesuksesan Messi. 

"FC Barcelona mendoakan yang terbaik bagi Lionel Messi dalam fase profesional barunya," demikian pernyataan Barcelona.

Barcelona juga mengklarifikasi pertemuan Joan Laporta dan Jorge Messi. Ayah Messi datang ke kediaman Laporta untuk menyampaikan keputusan sang anak yang memilih Inter Miami. 

Dalam pertemuan itu, Laporta dan Jorge Messi pada akhirnya juga membahas terkait rencana penghormataan dari Barcelona untuk Lionel Messi. 

Jorge Messi, ayah dan perwakilan sang pemain, menginformasikan kepada presiden klub Joan Laporta mengenai keputusan sang pemain untuk bergabung dengan Inter Miami, meskipun telah disodori proposal dari Barca, dengan mempertimbangkan keinginan Barcelona dan Lionel Messi agar ia kembali mengenakan seragam Blaugrana," tulis Barcelona.

"Joan Laporta dan Jorge Messi juga sepakat untuk bekerja sama dalam mempromosikan sebuah penghormatan yang layak dari para fans Barca untuk menghormati seorang pesepak bola yang akan selalu dicintai oleh Barca." 

https://bola.kompas.com/read/2023/06/08/08525898/kronologi-lionel-messi-ke-inter-miami-pisah-dari-psg-nyaris-balik-ke-barcelona

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke