Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dampak Positif Sistem Play-off yang Akan Diterapkan di Liga 1

KOMPAS.com - Divisi teratas kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1, rencananya akan digelar dengan format baru mulai musim 2023-2024.

Perwakilan 18 klub Liga 1, Teddy Tjahjono, menjelaskan bahwa mulai musim depan, divisi teratas liga sepak bola Indonesia akan menggunakan format kompetisi penuh dengan adanya babak play-off untuk empat tim teratas.

Rencana pemberlakuan format tersebut diumumkan setelah 18 klub peserta Liga 1 dan PSSI berdiskusi dalam agenda sarasehan sepak bola Indonesia di Surabaya pada Sabtu (4/3/2023).

Teddy Tjahjono selaku perwakilan mengatakan bahwa format kompetisi penuh dengan tambahan babak play-off itu diputuskan seusai 18 klub peserta Liga 1 memilih di antara dua opsi.

Adapun satu opsi lainnya memiliki format yang sangat berbeda dari sistem kompetisi saat ini, yakni membagi semua klub peserta menjadi tiga grup.

"Itu diskusi secara terbuka dan membahas secara terperinci, ide, mekanisme, dari opsi 1 yaitu pembagian tiga grup, termasuk dengan semua tata cara, mekanisme, drawing, dan lain-lain," kata Teddy dalam sesi konferensi pers, Minggu (5/3/2023).

"Kemudian juga terjadi pembahasan opsi 2 yaitu sistem full kompetisi dengan adanya empat besar dilakukan playoff lagi," ujar Teddy.

"Itu kami analisis bersama 18 klub dan PSSI. Terjadi diskusi yang menarik sehingga perwakilan dari 18 klub bersepakat untuk memilih opsi 2 yaitu sistem full kompetisi dengan adanya babak playoff untuk 4 besar," tutur Teddy menjelaskan.

Dampak Positif Sistem Play-off

Terdapat banyak negara yang menggunakan sistem play-off untuk menentukan promosi dan degradasi antardivisi.

Namun, tidak banyak negara yang menggunakan sistem play-off untuk menentukan juara di divisi teratas.

Amerika Serikat adalah satu di antara segelintir negara yang terbiasa dengan penerapan sistem play-off untuk menentukan juara divisi teratas.

Bahkan, mereka konsisten menerapkan sistem play-off di setiap kompetisi olahraga, termasuk divisi teratas sepak bola yang dikenal dengan nama Major League Soccer (MLS).

Oleh karena itu, Major League Soccer (MLS) layak menjadi percontohan untuk mengetahui dampak positif dari penerapan sistem play-off yang akan diberlakukan di Liga 1 Indonesia mulai musim depan.

1. Meningkatnya Nilai Kompetisi

Teddy Tjahjono menyebut sistem play-off yang akan diberlakukan di Liga 1 berpotensi meningkatkan value atau nilai kompetisi secara industri.

Para klub peserta Liga 1 pun disebut antusias menyambut format baru pada kompetisi musim 2023-2024.

"Tentu saja ini terobosan yang sangat menarik, yang sangat saya apresiasi dari kepengurusan PSSI yang sekarang di mana kita bisa melihat bahwa akan terjadi suatu pertandingan yang menarik pada saat di empat besar," ucap Teddy.

"Di mana itu akan terjadi suatu simulasi dan secara industri akan meningkatkan value dari kompetisi tersebut," imbuhnya.

"Kami sangat menunggu untuk dilaksanakannya format baru ini," tutur Teddy yang menjabat Direktur Persib Bandung tersebut.

Pernyataan Teddy Tjahjono kemudian didukung oleh kesaksian mantan kiper yang pernah berkarier di MLS bersama New York Red Bulls dan Inter Miami, Luis Robles.

Luis Robles mengatakan bahwa sistem play-off mampu meningkatkan nilai kompetisi di mata industri penyiaran.

"Saya pikir, dari sudut pandang TV, di situlah olahraga benar-benar meningkat dan sebagai penggemar, itulah (play-off) yang Anda nanti-nantikan," kata Luis Robles, dikutip dari The Guardian.

2. Berpotensi Menambah Unsur Kegembiraan 

Selain itu, sistem play-off dinilai bisa menambah unsur kegembiraan di pengujung musim kompetisi.

Hal tersebut juga diutarakan oleh Luis Robles yang pernah berkarier di Jerman sebelum kembali ke Amerika Serikat dan pensiun pada Januari 2021.

Pengalaman berkarier di Jerman membuat Luis Robles bisa melihat penerapan sistem play-off dari dua sisi berbeda.

"Saya bisa mengerti dari kedua sisi mata uang. Kami memahami bahwa dengan play-off, ada unsur kegembiraan tambahan," ujar Luis Robles.

https://bola.kompas.com/read/2023/03/06/07000068/dampak-positif-sistem-play-off-yang-akan-diterapkan-di-liga-1-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke