Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Shin Tae-yong Menanti Marselino Ferdinan, Jawaban Tak Kunjung Datang

KOMPAS.com - Pelatih timnas U20 Indonesia, Shin Tae-yong, belum bisa memberikan jawaban pasti saat ditanya terkait peluang bergabungnya Marselino Ferdinan ke pemusatan latihan menjelang Piala Asia U20 2023.

Shin Tae-yong pun mengatakan bahwa dirinya masih menunggu jawaban dari klub peserta divisi kedua Liga Belgia, KMSK Deinze, yang kini menjadi tempat berkarier Marselino Ferdinan.

Dia mengungkapkan situasi tersebut dalam konferrensi pers seusai laga timnas U20 Indonesia vs Selandia Baru di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, pada Minggu (19/2/2023) malam WIB.

Dalam keterangannya, Shin Tae-yong menjelaskan bahwa staf pelatih timnas U20 Indonesia telah menghubungi pihak KMSK Deinze untuk membawa Marselino Ferdinan mengikuti pemusatan latihan menjelang Piala Asia U20 2023.

Namun, pihak KMSK Deinze disebut tidak langsung memberikan izin. Mereka justru meminta sejumlah berkas dari PSSI.

Shin Tae-yong pun mengaku telah menyetujui agar PSSI memberikan berkas yang diminta kepada KMSK Deinze.

Akan tetapi, KMSK Deinze belum juga memberikan jawaban hingga membuat Shin Tae-yong bingung.

"Untuk Marselino, dari staf pelatih sudah berkomunikasi dengan klubnya tiga hari lalu dan mereka minta beberapa berkas dari PSSI, dan saya setuju untuk beri berkas itu," kata Shin Tae-yong.

"Namun, sampai saat ini tak ada jawaban dari klubnya. Sebelumnya ada tawaran untuk meeting dengan saya langsung, saya setuju, tapi sampai saat ini tak ada jawaban juga," tutur Shin Tae-yong menjelaskan.

Sebelum ini, Shin Tae-yong sempat mencurahkan pikirannya terkait sejumlah pemain yang belum bisa bergabung ke pemusatan latihan timnas U20 Indonesia.

Di antara sejumlah pemain yang belum bergabung itu terdapat nama Marselino Ferdinan.

Shin Tae-yong mengaku gundah karena beberapa pemain seperti Marselino Ferdinan belum bisa bergabung ke pemusatan latihan.

Padahal, dalam waktu dekat, timnas U20 Indonesia akan berjuang dalam ajang Piala Asia U20 2023 di Uzbekistan.

"Mau tidak mau saya harus berpikir begitu karena ini masalah skuad dan persiapan kami yang harus lebih lama dan lebih baik," kata Shin Tae-yong, dikutip dari Antara News, Rabu (15/2/2023).

Adapun Marselino Ferdinan diketahu masih berada di Belgia untuk menjalani tanggung jawab bersama klub barunya, KMSK Deinze.

Marselino Ferdinan secara resmi diumumkan sebagai rekrutan anyar KMSK Deinze pada 1 Februari 2023.

Menurut pernyataan KMSK Deinze, Marselino Ferdinan dikontrak dengan durasi satu tahun sampai Juni 2024.

Bergabungnya Marselino Ferdinan ke KMSK Deinze disebut-sebut sebagai langkah baik untuk perkembangan sang pemain.

Namun, di balik itu, terdapat kekhawatiran dari Shin Tae-yong selaku pelatih timnas U20 Indonesia.

Bahkan, Shin Tae-yong sempat merasa tersinggung karena Marselino Ferdinan bersama satu pemain lain yang juga tengah mencoba meniti karier di luar negeri, Ronaldo Kwateh, disebut tidak memberikan laporan apa pun.

"Saya agak tersinggung. Kedua pemain itu (Marselino dan Ronaldo) ke luar negeri tanpa ada laporan apa-apa," kata Shin Tae-yong, 3 Februari lalu.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa kepindahan Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh ke luar negeri cukup berdampak pada jadwal yang sudah disusun untuk persiapan menuju Piala Asia dan Piala Dunia U20 2023.

"Apalagi kami sedang mempersiapkan Piala Dunia dan AFC juga. Jadi, lumayan agak kacau juga jadwal dan rencana saya," ucap Shin Tae-yong.

https://bola.kompas.com/read/2023/02/20/07000058/shin-tae-yong-menanti-marselino-ferdinan-jawaban-tak-kunjung-datang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke