Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kata Djanur Usai Kemenangan atas Persib Buyar, Sesali Lamanya Injury Time

KOMPAS.com - Persikabo 1973 hampir memberikan kekalahan pertama bagi Luis Milla bersama Persib Bandung.

Namun, kemenangan Persikabo di depan mata sirna lewat gol balasan pada menit akhir waktu injury time.

Laga Persikabo 1973 vs Persib Bandung berkesudahan 1-1 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (24/12/2022) pada pekan ke-17 Liga 1 2022-2023.

Persikabo berhasil mencuri gol lewat serangan balik dari tendangan Gustavo Tocantins menit 61’, sementara gol balasan Persib dicetak dengan susah payah oleh Daisuke Sato pada menit 90+7’.

Adalah pelatih Djadjang Nurdjaman, orang yang membuat frustrasinya pemain Persib dalam mencari celah untuk mencetak gol.

Pelatih asal Majalengka ini di luar dugaan menerapkan strategi bertahan penuh menempatkan banyak pemain di area pertahanan hingga bisa disebut sebagai strategi parkir bus.

Persib menguasai jalannya permainan, tetapi kesulitan dalam menembus kotak penalti lawan. Persikabo bertahan begitu dalam.

Djadjang mengungkapkan, dia memang menginstruksikan pemainnya untuk menjaga kedalaman melawan pemain-pemain Persib yang punya kualitas.

Namun, setelah unggul 1-0, secara naluriah para pemain memilih untuk mempertahankan kemenangan hingga bertahan begitu dalam.

“Saya kira mereka bermain deep, bertahan terlalu dalam secara naluriah, saya tidak sempat meneriakkan terlalu dalam bertahan karena memang secara naluri mereka dibombardir dengan crossing-crossing sehingga mereka tidak sempat untuk keluar menyerang dari situasi pertahanan yang dalam itu,” kata Djadjang.

Selama 90 menit strateginya cukup berhasil. Namun, dalam tambahan waktu yang cukup lama akhirnya pertahanan kokoh itu roboh juga.

“Saya kira itu tidak ada instruksi hanya secara naluriah langsung bertahan dan mengamankan kemenangan,” kata Djanur.

“Sebetulnya hampir berhasil, tetapi yaitu tadi saya tidak mengerti perpanjangan waktu sampai 7 menit, kegolan di 6 menit,” sesalnya.

Ia mempertanyakan keputusan wasit yang memberikan waktu tambahan yang cukup lama. Padahal, tak banyak insiden yang membuang waktu selama 90 menit.

“Entah apa pertimbangannya wasit memberikan waktu sampai 7 menit,” tanya Djanur.

“Karena perasaan saya dalam jalannya pertandingan enggak ada kejadian spesial yang memakan waktu atau mengulur-ulur waktu,” katanya.

Meski demikian, eks pelatih Persib yang pernah membawa Maung Bandung juara 2014 ini tetap menerima hasil. 

“Apa pun hasilnya tetap kami syukuri dapat satu poin di pertandingan sangat berat lawan Persib,” kata Djanur.

https://bola.kompas.com/read/2022/12/25/07000008/kata-djanur-usai-kemenangan-atas-persib-buyar-sesali-lamanya-injury-time

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke