Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Piala Dunia 2022: Tite Setuju dengan Neymar, Akui Casemiro Gelandang Bertahan Terbaik di Dunia

KOMPAS.com - Pelatih timnas Brasil, Adenor Leonardo Bacchi alias Tite, setuju dengan pendapat Neymar yang menyebutkan Casemiro gelandang bertahan terbaik di dunia.

Pernyataan tersebut muncul usai Brasil mengalahkan Swiss dengan skor 1-0 pada laga kedua Grup G Piala Dunia 2022.

Pertandingan Brasil vs Swiss berlangsung di Stadion 974, Doha, Qatar, pada Senin (28/11/2022) malam WIB.

Alhasil, skuad berjulukan Selecao ini menjadi satu dari tiga tim yang meraih kemenangan beruntun dalam dua laga perdana fase grup Piala Dunia 2022.

Tiket babak 16 besar pun berada di genggaman. Brasil bergabung dengan Portugal dan Perancis yang juga mengukir dua kemenangan.

Casemiro merupakan sosok pahlawan kemenangan Brasil pada laga kontra Swiss tersebut. Dia menciptakan gol semata wayang tersebut pada menit ke-83.

Kemenangan yang memastikan Brasil melaju ke fase gugur tersebut membuat Neymar mengunggah pujian di akun Twitter pribadinya kepada sang pencetak gol pada laga tersebut.

"Casemiro telah menjadi gelandang bertahan terbaik di dunia sejak lama," tulis Neymar dilansir dari akun Twitter pribadinya.

"Seperti pada biasanya, saya selalu menghormati pendapat. Saya biasanya tidak berkomentar. Namun, biarkan pada kali ini saya akan melakukannya," ungkap Tite dilansir dari laman resmi BBC.

"Saya setuju. Dia adalah pemain yang bekerja sebagai sosok sentral dan saat pertandingan, dirinya adalah elemen penting yang muncul dari belakang," kata Tite.

Pelatih Brasil itu juga ditanya tentang performa timnya meski kehilangan Neymar yang cedera. 

"Tanpa Neymar sistem akan dipertahankan. Bagaimana pertandingan pertama tanpa Neymar? Anda memilih Casemiro sebagai Man of the Match," ungkapnya.

Pujian juga datang dari mantang gelandang Brasil, Gilberto Silva. Dia mengungkapkan bahwa Casemiro memiliki tanggung jawab besar dengan tugas bertahannya di skuad Brasil.

Silva menyebutkan bahwa Casemiro merupakan sosok gelandang bertahan tak terlihat di lapangan yang membuat segalanya lebih mudah bagi para pemain di depannya.

Dilansir dari laman resmi Transfermarkt, sejak melakukan debutnya, Casemiro telah mengumpulkan lima gol dari 66 penampilan bersama timnas Brasil.

Dengan hasil tersebut, laga pamungkas penyisihan grup tak lagi berpengaruh bagi Brasil.

Meski demikian, mereka harus tetap berusaha meraih poin demi mengamankan posisi sebagai juara grup.

Pada matchday terakhir Grup G, timnas Brasil akan menghadapi Kamerun di Stadion Lusail, Sabtu (3/12/2022) pukul 02.00 dini hari WIB.

https://bola.kompas.com/read/2022/11/29/12200078/piala-dunia-2022--tite-setuju-dengan-neymar-akui-casemiro-gelandang-bertahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke