Salin Artikel

Hasil Piala AFF U19 2022: Thailand Libas Myanmar 3-0, Selanjutnya Lawan Indonesia

KOMPAS.com - Thailand menang telak 3-0 atas Myanmar pada matchday kedua Grup A Piala AFF U19 2022.

Laga Myanmar vs Thailand telah digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/2022) sore WIB.

Tiga gol kemenangan timnas U19 Thailand dicetak oleh Thawatchai Inprakhon (7'), dan Nattakit Butsing (25', 32').

Dengan hasil Piala AFF U19 ini, Thailand naik ke puncak klasemen Grup A dengan koleksi enam poin dari dua laga.

Sebelumnya, tim asuhan Salvador Valero Garcia itu menang tipis 1-0 atas Filipina pada matchday pertama Grup A.

Di sisi lain, Myanmar turun dua strip ke posisi tiga klasemen Grup A Piala AFF U19 2022. Mereka mengoleksi tiga poin dari dua pertandingan.

Pada laga pertama, timnas U19 Myanmar menghantam Brunei Darussalam dengan skor sangat mencolok, 7-0.

Setelah mengalahkan Myanmar, Thailand selanjutnya bakal menghadapi timnas U19 Indonesia pada Rabu (6/7/2022).

Adapun Indonesia akan lebih dulu menghadapi Brunei Darussalam malam ini pukul 20.00 WIB sebelum bersua Thailand dua hari kemudian.

Ulasan pertandingan

Laga baru berjalan tiga menit, Thailand sudah mengancam gawang Myanmar lewat tendangan bebas Sattawas Leela.

Dari sisi kiri, Sattawas Leela melepas free kick yang mengarah langsung ke gawang Myanmar, tetapi masih bisa ditepis kiper Hein Htet Soe.

Empat menit berselang, Thailand mencuri keunggulan lewat gol Thawatchai Inprakhon.

Thawatchai Inprakhon berdiri bebas di dalam kotak penalti lawan usai meenrima uman silang dari rekannya. Dengan sedikit kontrol, pemain nomor punggung tiga itu kelangsung melakukan penyelesaian akhir dengan kaki kiri.

Bola sepakan Thawatchai Inprakhon salah diantisipasi oleh kiper Myanmar Hein Htet Soe sehingga meluncur ke gawang.

Pada menit ke-12, kemelut di kotak penalti Thailand melahirkan peluang emas bagi Myanmar melalui Chit Aye.

Chit Aye mencari ruang kosong setelah mendapat bola. Dia kemudian melepas tendangan kaki kiri yang berhasil melewati kiper Thailand Narongsak Naengwongsa.

Namun, bola kiriman Chit Aye berhasil dicegah bek Thailand sebelum masuk ke gawang.

Lima menit berselang, sepakan bebas gelandang Myanmar Zaw Win Thein membentur mistar. Kandas lagi peluang Myanmar untuk menyamakan kedudukan.

Setelah dua peluang Myanmar kandas, Thailand menggandakan keunggulan pada menit ke-25 lewat gol Nattakit Butsing.

Menerima umpan cut back dari Seksan Ratree, Nattakit Butsing langsung menceploskan bola ke gawang Myanmar dengan sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Nattakit mencetak gol keduanya pada pertandingan ini di menit ke-32. Skemanya hampir sama, tetapi kali ini, Nattakit mencetak gol usai memanfaatkan umpan tarik Bukkoree Lemdee.

Begitu bola sampai di kakinya, Nattakit langsung meneruskannya ke gawang Myanmar dengan sepakan first time kaki kanan mendatar.

Memasuki babak kedua, timnas U19 Thailand masih menguasai jalannya pertandingan. Ball possession Thailand memaksa Myanmar lebih banyak bertahan dan menunggu.

Namun, pada babak kedua ini, pertahanan Myanmar terlihat membaik. Mereka mempersulit Thailand dalam melakukan serangan.

Selain itu, transisi menyerang ke bertahan Myanmar jauh lebih baik. Mereka langsung menutup celah begitu kehilangan bola. Sesuatu yang tak terlihat pada babak pertama.

Sebuah tendangan spekulasi dilepaskan gelandang Myanmar Ar Kar Kyaw pada menit ke-55. Tepat sasaran, tetapi bukan masalah bagi kiper Thailand.

Memasuki 15 menit terakhir, Thailand masih mendominasi, tetapi Myanmar terlihat berbahaya saat melancarkan counter attack.

Skema serangan Myanmar juga jauh lebih baik dan mereka beberapa kali membahayakan pertahanan Thailand.

Sayangnya, ketinggalan 0-3 adalah jarak yang cukup sulit dikejar Myanmar, ditambah lagi Thailand juga bisa bertahan dengan cukup baik.

Sampai peluit akhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Thailand berhasil mempertahankan keunggulan 3-0 mereka atas Myanmar.

Susunan pemain:

Myanmar (4-3-3): 1-Hein Htet Soe; 12-Tun Tun Thein, 3-Myo Min Hein, 4-Lan Sann Aung, 5-Lin Lin Tun (11-Hein Zaw Naing 28'); 6-Ar Kar Kyaw, 7-Zaw Win Thein, 9-Moe Swe (14-Thar Yar Win Htet 79'); 8-Chit Aye (16-Phyo Thant Ko Ko 46'), 10-La Min Htwe, 20-Oakkar Naing (22-Thein Zaw Thiha 83')

Cadangan: 13-Sai Swam Khun Khay, 18-Htet Arkar Win, 2-Kyaw Wunna, 11-Hein Zaw Naing, 14-Thar Yar Win Htet, 15-Khun Aung Soe, 16-Phyo Thant Ko Ko, 19-Ye Kaung Sat, 21-Swan Htet, 22-Thein Zaw Thiha, 23-Khant Zin Hein, 25-Soe Myat Min

Pelatih: Soe Myat Min

Thailand (4-4-2): 1-Narongsak Naengwongsa; 15-Bukkoree Lemdee (13-Waris Choolthong 58'), 24-Nathan James, 4-Theekawin Chansri, 25-Phon-Ek Maneekorn; 6-Sittha Boonlha (26-Padipanchai Phothep 46'), 14-Seksan Ratree, 21-Songkhramsamut Namphueng, 3-Thawatchai Inprakhon (17-Thanawut Phochai 58'); 27-Nattakit Butsing, 18-Sattawas Leela

Cadangan: 23-Siraset Aekprathumchai, 2-Pornsawan Sankia, 5-Chanapachi Buaphan, 7-Kakana Khamyok, 8-Kasidit Kalasin, 9-Panupong Wongpila, 10-Winai Aimoat, 12-Thanawat Saipetch, 13-Waris Choolthong, 17-Thanawut Phochai, 19-Kroekphon Abram, 26-Padipanchai Phothep

Pelatih: Salvador Valero Garcia

https://bola.kompas.com/read/2022/07/04/18573168/hasil-piala-aff-u19-2022-thailand-libas-myanmar-3-0-selanjutnya-lawan-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.