Salin Artikel

Pelatih Myanmar: Indonesia Vs Vietnam Final Terbaik untuk SEA Games!

Laporan Langsung Jurnalis Kompas.com, M. Hafidz Imaduddin, dari Vietnam.

KOMPAS.com - Pelatih timnas Myanmar, Velizar Popov, menilai final terbaik sepak bola SEA Games 2021 adalah Indonesia Vs Vietnam.

Hal itu disampaikan Velizar Popov dalam konferensi pers seusai pertandingan timnas Indonesia vs Myanmar, Minggu (15/5/2022) sore WIB.

Duel timnas U23 Indonesia vs Myanmar merupakan laga keempat Grup A SEA Games 2021 yang dihelat di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam.

Pertandingan itu berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan timnas U23 Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Tiga gol kemenangan timnas U23 Indonesia dicetak oleh Egy Maulana Vikri (6'), Witan Sulaeman (10') dan Marselino Ferdinan (45+2').

Adapun satu gol balasan Myanmar asuhan Velizar Popov dibukukan oleh Win Naing Tun pada menit ke-67.

Hasil pertandingan di Stadion Viet Tri itu memberi dampak berbeda untuk timnas Indonesia dan Myanmar.

Kemenangan atas Myanmar langsung mengantar timnas U23 Indonesia ke semifinal SEA Games 2021.

Timnas U23 Indonesia menyusul langkah tuan rumah Vietnam yang sudah lolos ke semifinal SEA Games 2021 terlebih dahulu dari Grup A.

Di sisi lain, kekalahan dari Indonesia membuat Myanmar tersingkir alias gagal lolos ke fase gugur setelah menempati peringkat ketiga klasemen Grup A.

Seusai pertandingan kontra Indonesia, Velizar Popov berharap Indonesia dan Vietnam lolos ke final SEA Games 2021.

"Saya doakan Indonesia dan Vietnam mendapatkan kesuksesan di fase gugur. Indonesia vs Vietnam adalah final terbaik untuk SEA Games 2021," kata Velizar Popov dalam konferensi pers seusai pertandingan yang juga dihadiri Kompas.com.

Dasar dari pendapat Velizar Popov kali ini adalah pengalaman dirinya menghadapi Indonesia dan Vietnam di Grup A SEA Games 2021.

Dua hari sebelum melawan Indonesia, Myanmar asuhan Velizar Popov terlebih dahulu menghadapi Vietnam.

Hasilnya, Myanmar harus mengakui keunggulan Vietnam dengan skor 0-1.

Ketika ditanya siapa tim yang lebih sulit dilawan antara Indonesia atau Vietnam, Velizar Popov mengaku tidak bisa memilih.

Sebab, Indonesia dan Vietnam memiliki gaya sepak bola yang berbeda.

Terkait timnas U23 Indonesia, Velizar Popov secara khsusus menyoroti kecepatan, teknik, dan serangan balik pasukan Shin Tae-yong.

"Gaya sepak bola Vietnam dan Indonesia sangat berbeda. Pemain Indonesia lebih cepat dan punya teknik. Lini serang Indonesia juga lebih kreatif. Serangan balik Indonesia sangat berbahaya," kata Velizar Popov.

"Di sisi lain, Vietnam bermain lebih mengandalkan fisik dan punya organisasi pertahanan yang baik. Jika Anda bisa menemukan ruang ketika menghadapi Vietnam, mungkin lawan mereka akan lebih mudah," ujar Velizar Popov.

"Sangat sulit menentukan siapa yang lebih sulit untuk dilawan antara Indonesia atau Vietnam.  Pada kedua laga itu, kami menelan kekalahan," tutur pelatih asal Bulgaria itu menambahkan. 

"Itu artinya, mereka lebih baik daripada kami. Sesederhana itu," ujar Velizar Popov menambahkan.

Setelah ini, timnas U23 Indonesia masih harus menunggu hasil pertandingan Vietnam vs Timor Leste dan akhir dari Grup B.

Kedua hal itu akan menentukan posisi timnas U23 Indonesia di semifinal SEA Games 2021.

Jika Vietnam gagal mengalahkan Timor Leste, timnas U23 Indonesia akan lolos ke semifinal SEA Games 2021 dengan status juara Grup A.

Adapun jika Vietnam berhasil menumbangkan Timor Leste, Egy Maulana Vikri dkk harus puas lolos ke fase gugur SEA Games 2021 sebagai runner up Grup A.

https://bola.kompas.com/read/2022/05/15/20090588/pelatih-myanmar-indonesia-vs-vietnam-final-terbaik-untuk-sea-games

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.