Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

HT Juventus Vs Inter Milan: Penalti Calhanoglu Bawa Nerazzurri Unggul 1-0

KOMPAS.com - Babak pertama pertandingan Juventus vs Inter Milan berakhir dengan skor 0-1 untuk keunggulan Nerazzurri. 

Duel Juventus vs Inter yang termasuk rangkaian pekan ke-31 Liga Italia 2021-2022, digelar di Stadion Allianz, Senin (4/4/2022) dini hari WIB. 

Juventus sejatinya mendominasi pada 45 menit pertama dan menciptakan sejumlah peluang. Mereka tercatat melepaskan 11 tembakan dengan tiga di antaranya mengarah langsung ke sasaran. 

Jumlah itu jauh berbeda dengan Nerazzurri, julukan Inter Milan, yang hanya membuat tiga kali percobaan. Namun, Inter berhasil unggul berkat gol penalti Hakan Calhanoglu. 

Jalannya pertandingan pada babak pertama

Tuan rumah Juventus inisiatif melakukan serangan sejak peluit kick-off berbunyi dan menciptakan peluang pertama. 

Danilo memberikan umpan ke Dusan Vlahovic yang berada di sisi kanan kotak penalti Inter Milan. Tendangan Vlahovic mengarah ke gawang, tetapi bisa diantisipasi kiper Inter, Wojcieh Szcesny.

Inter Milan balik menyerang dan memiliki kesempatan mencetak gol via sepak pojok yang dieksekusi Hakan Calhanoglu pada menit ketujuh. 

Tendangan Calhanoglu mengarah ke Milan Skriniar yang menyambutnya dengan tandukan, tetapi sundulan bek Inter itu bisa ditepis Szczesny. 

Kemelut di depan gawang Inter tercipta dua menit setelahnya. Juan Cuadrado melepaskan umpan silang yang bisa ditepis kiper Inter Samir Handanovic. 

Aksi itu membuat bola meluncur lurus ke udara dan di bawahnya, Giorgio Chiellini, bereaksi dengan mencoba menceploskan si kulit bundar ke gawang. 

Namun, upayanya tak berhasil sebab bola hanya membentur tiang gawang yang kemudian disapu oleh kubu Inter Milan. 

Juventus masih membuat para pemain Inter sibuk. Kali ini, Paulo Dybala melakukan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti yang melayang tipis dan jatuh di atas jaring gawang. 

Setelah Dybala, giliran Cuadrado yang mengancam. Ia melepaskan tembakan dari sudut kanan kotak penalti. Namun, lagi-lagi Handanovic berhasil menepis bola. 

Pasukan Massimiliano Allegri belum berhenti menekan Inter. Alvaro Morata menerima umpan silang Vlahovic dengan tandukan yang sayangnya tak menemui sasaran. 

Peluang lagi bagi Juventus! Dybala melepaskan tembakan pada menit ke-27. Namun, upayanya belum berhasil membuka keran gol Juve sebab bola masuk ke pelukan Handanovic.

Menjelang babak pertama tuntas, Inter Milan mendapat hadiah penalti setelah Denzel Dumfries dijatuhkan di kotak terlarang. 

Akan tetapi, Hakan Calhanoglu yang ditunjuk sebagai eksekutor penalti tak mampu memanfaatkan peluang emas tersebut. 

Tendangannya mampu digagalkan Szczesny yang melompat ke arah kanannya. Bola muntah sempat menciptakan kemelut depan gawang dengan bola akhirnya diteruskan ke belakang gawang Bianconeri. 

Namun, wasit menganggap ada pelanggaran setelah tendangan penalti Calhanoglu. Sehingga, Video Assistant Referee (VAR) memberi rekomendasi untuk mengulang penalti Inter Milan. 

Calhanoglu pun kembali maju dan, walau menendang ke arah sama seperti penalti pertamanya, ia kali ini berhasil membawa Inter memimpin 1-0 jelang akhir pertandingan babak pertama. 

JUVENTUS VS INTER MILAN 0-1 (Hakan Calhanoglu 45+5'-penalti)

Susunan pemain Juventus vs Inter Milan 

Juventus (4-2-3-1): 1-Szcezesny (GK); 6-Danilo, 4-De Ligt, 3-Chiellini, 12-Alex Sandro; 25-Rabiot, 27-Locatelli (28-Denis Zakaria 34'); 11-Cuadrado, 10-Dybala, 9-Morata; 7-Vlahovic. 

Pemain cadangan: 36-Mattia Perin, 23-Pinsoglio, 19-Bonucci, 24-Rugani, 2-De Sciglio, 5-Arthur, 20-Bernardeschi, 18-Moise Kean. 

Pelatih: Massimiliano Allegri.

Inter Milan (3-5-2): 1-Handanovic (GK); 33-D'Ambrosio, 37-Skriniar, 96-Bastoni; 2-Dumfries, 23-Barella, 77-Brozovic, 20-Calhanoglu, 14-Perisic; 9-Edin Dzeko, 10-Lauro Martinez. 

Pemain cadangan: 97-Andrei Radu, 13-Ranocchia, 6-De Vrij, 32-Dimarco, 5-Gagliardini, 18-Robin Gosens, 22-Arturo Vidal, 36-Vecino, 7-Sanchez, 19-Joaquin Correa, 88-Caicedo. 

Pelatih: Simone Inzaghi.

https://bola.kompas.com/read/2022/04/04/02520778/ht-juventus-vs-inter-milan-penalti-calhanoglu-bawa-nerazzurri-unggul-1-0

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke