Salin Artikel

Debut Xavi Latih Barcelona: Sibuk Beri Instruksi, Cuma Duduk 2 Menit!

KOMPAS.com - Xavi Hernandez begitu sibuk memberikan instruksi kala melakoni debutnya sebagai pelatih Barcelona. Dalam laga derbi Barcelona vs Espanyol, Xavi hanya duduk selama 2 menit!

Laga derbi kontra Espanyol pada pekan ke-14 LaLiga, kompetisi kasta teratas Liga Spanyol musim 2021-2022, menjadi panggung debut Xavi melatih Barcelona.

Debut Xavi melatih Barcelona berujung manis. Barcelona arahan Xavi menang 1-0 via gol penalti Memphis Depay dalam duel derbi kontra Espanyol di Stadion Camp Nou, Minggu (21/11/2021) dini hari WIB.

Terdapat fakta menarik dari debut melatih Xavi bersama Barcelona. Pria kelahiran Terrassa 41 tahun silam itu sangat sibuk memberikan instruksi kepada anak asuhnya.

Ketika laga el derbi Barceloni antara Barcelona vs Espanyol belum berusia 20 menit, Xavi beberapa kali sudah terlihat memberikan arahan khusus kepada pemain.

Gerard Pique, Sergio Busquets, Eric Garcia, dan Jordi Alba adalah sejumlah pilar tim yang mendapat “bisikan” dari Xavi pada periode awal laga melawan Espanyol.

Selain sibuk memberikan instruksi, Xavi juga kerap memberikan aplaus untuk setiap aksi pemain yang dirasanya bagus, terutama saat tim berhasil memulihkan penguasaan bola.

Arahan khusus pertama diberikan kepada Pique. Xavi meminta sang bek untuk mendistribusikan bola ke wilayah sayap, mengingat Gavi dan Ilias Akhomach berada dalam posisi yang cukup terbuka.

Ilias Akhomach, produk La Masia yang diberikan kans debut oleh Xavi, juga mendapatkan pengarahan.

Xavi meminta Ilias yang baru berusia 17 tahun untuk lebih berani dalam situasi satu lawan satu serta menjaga kedalaman di sektor sayap.

Saking sibuknya memberikan motivasi dan solusi kepada pemain, Xavi sampai lupa duduk di sepanjang pertandingan.

Menurut pengamatan media Mundo Deportivo dan Diario As, Xavi hanya sejenak berada di bangku pelatih jelang sepak mula duel Barcelona vs Espanyol.

Beberapa saat setelah melambaikan tangan kepada fan yang meneriakkan namanya, Xavi duduk di antara dua asisten pelatih Barca, yakni sang kakak Oscar Hernandez dan Sergio Alegre.

Diario As mencatat Xavi hanya duduk selama dua menit! Setelah itu, ia meninggalkan bangku dan mulai mengamati laga dari pinggir lapangan.

“Hal yang paling saya suka dari para pemain adalah sikap mereka Tentu ada sejumlah hal yang mesti kami tingkatkan. Bahkan, itu ada banyak,” tutur Xavi seperti dikutip dari Football Espana.

“Kami tak berada dalam situasi terbaik dan Espanyol memberikan tim banyak masalah pada pengujung laga. Namun, secara umum ini adalah kemenangan yang layak didapat dan sebuah kebahagiaan besar,” ujar Xavi menambahkan.

https://bola.kompas.com/read/2021/11/21/16000008/debut-xavi-latih-barcelona-sibuk-beri-instruksi-cuma-duduk-2-menit

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.