Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Senjata Rahasia Persebaya yang Bikin Drop Permainan Lawan

Taisei Marukawa dkk sukses memetik kemenangan kedua beruntun. Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mengungkap rahasia di balik kemenangan tim atas Persiraja.

"Senjata" itu ialah mengincar gol cepat untuk membuat mental lawan menjadi down.

Memanfaatkan situasi internal tim Persiraja yang kurang kondusif, Aji Santoso berusaha meredam kebangkitan Persiraja dengan mencetak gol cepat.

Misi tersebut berhasil dilakukan seusai Alwi Slamat sukses mencetak gol pada menit ke-8 melalui bola placing yang gagal diantisipasi penjaga gawang Persiraja.

Karena itu, Persebaya menguasai jalannya pertandingan hingga mampu menambah gol di pertengahan babak kedua melalui sepakan penalti Jose Wilkson pada menit ke-52.

"Alhamdulillah saya bisa meredam kebangkitan Persiraja Banda Aceh karena pergantian pelatih yang dilakukan Persiraja. Ada kemungkinan pemain menjadi nothing to lose, bermain lepas, akhirnya dia tampil bagus atau sebaliknya," kata Aji Santoso.

"Namun, kami menekankan seluruh pemain untuk membuat mental lawan down dengan mencetak gol cepat. Alhamdulillah kami bisa mencetak gol pada babak pertama," katanya.

Namun, sayang sepanjang laga, Persebaya beberapa kali mendapat kesempatan emas, tetapi tidak bisa diselesaikan dengan baik.

Penyelesaian akhir masih dirasa menjadi problem akut Persebaya.

Aji Santoso mengatakan pemainnya sudah berusaha keras untuk berhasil mengonversi setiap peluang menjadi gol. Namun, menurut dia, dalam sepak bola, wajar apabila setiap peluang ada yang tidak bisa dikonversi menjadi gol karena juga dipengaruhi faktor keberuntungan.

"Begitulah sepak bola, tidak semua peluang harus menjadi gol. Kadang-kadang peluang yang 99 persen masuk pun kadang tidak masuk, ya itulah sepak bola," katanya.

https://bola.kompas.com/read/2021/11/01/12400018/senjata-rahasia-persebaya-yang-bikin-drop-permainan-lawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke