Salin Artikel

Hasil Perempat Final Copa America 2021: Kalah Adu Penalti, Uruguay Tersingkir

KOMPAS.com - Uruguay gagal melaju ke semifinal Copa America 2021 setelah kalah dari Kolombia. 

Duel Uruguay vs Kolombia pada perempat final Copa America 2021 berlangsung di Stadion Nasional Mane Garrincha, Brasil, Minggu (4/7/2021) pagi WIB. 

Kedua tim bermain imbang tanpa gol pada waktu normal alias 90 menit. 

Tidak ada babak tambahan waktu di Copa America 2021 sehingga pemenang dalam laga ini pun harus ditentukan via adu penalti. 

Kiprah Uruguay di Copa America 2021 pun terhenti usai kalah adu penalti 2-4 dari Kolombia. 

Pada babak semifinal nanti, Kolombia selanjutnya akan berhadapan dengan pemenang antara Argentina melawan Ekuador. 

Ulasan pertandingan

Kolombia langsung mengancam Uruguay pada awal pertandingan. Mereka mendapat peluang dari tendangan pojok yang dieksekusi Luis Muriel.

Namun, sepak pojok Luis Muriel berhasil dihalau bek Uruguay, Diego Godin.

Uruguay melakukan serangan balik dua menit kemudian. Edinson Cavani menerobos kotak penalti Kolombia untuk menyambut umpan rekannya.

Akan tetapi, Edinson Cavani belum berhasil melewati adangan kiper Kolombia, yakni David Ospina.

Kolombia nyaris mencetak gol pembuka pada menit ke-14 andai sundulan Yerry Mina tidak melebar dari gawang Uruguay yang dikawal Fernando Muslera.

Menit ke-22, Edinson Cavani kembali menciptakan masalah di jantung pertahanan Kolombia.

Dia memanfaatkan umpan Rodrigo Bentancur yang mengarah ke dalam kotak penalti. Tetapi pergerakan Cavani masih bisa terbaca bek lawan.

Peluang terbaik pada babak pertama menjadi milik Luis Muriel ketika dia melepaskan tembakan yang sayangnya melebar tipis dari gawang Uruguay.

Menjelang laga berakhir, Kolombia kembali mengancam Uruguay lewat tendangan Duvan Zapata. Namun, upaya striker Atalanta tersebut berhasil digagalkan bek Uruguay. 

Skor 0-0 pun menjadi hasil akhir babak pertama.

Kedua kesebelasan tampil lebih agresif pada babak kedua demi mencetak gol pembuka.  Meski demikian, tak banyak peluang berarti yang diciptakan Uruguay dan Kolombia. 

Alhasil, tak ada satu pun gol yang tercipta hingga pertandingan berakhir dalam waktu normal. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti. 

Babak Adu Penalti 

Sebanyak empat penendang pertama Kolombia berhasil menuntaskan tugasnya dengan apik. 

Di sisi lain, tendangan dua dari empat eksekutor Uruguay, yakni Jose Maria Gimenez dan Matias Vina, berhasil digagalkan kiper Kolombia, David Ospina. 

Alhasil, Kolombia pun berhak melaju ke semifinal Copa America 2021 setelah menang 4-2 lewat babak tos-tosan. 

Susunan pemain Uruguay vs Kolombia

Uruguay (4-3-1-2): 1-Fernando Muslera (GK); 17-Matias Vina, 3-Diego Godin, 2-Jose Gimenez, 8-Nahitan Nandez; 6-Rodrigo Bentancur, 5-Matias Vecino, 15-Federico Valverde (22-Martin Caceres 80'); 10-Giorgian De Arrascaeta (25-Facundo Torres 68'); 21-Edinson Cavani, 9-Luis Suarez.

Cadangan: 12-Martin Campana, 23-Sergio Rochet, 13-Giovanni Gonzalez, 4-Ronald Araujo, 19-Sebastian Coates, 24-Fernando Gorriaran, 26-Brian Ocampo, 14-Lucas Torreira, 20-Jonathan Rodriguez, 18-Maximiliano Gomez.

Pelatih: Oscar Tabarez.

Kolombia (4-4-2): 1-David Ospina (GK); 16-Daniel Munoz, 13-Yerry Mina, 23-Davinson Sanchez, 6-William Tesillo; 18-Rafael Santos Borre (19-Miguel Borja 87'), 5-Wilmas Barrios, 8-Gustavo Cuellar, 14-Luis Diaz; 9-Luis Muriel (28-Yimmi Chara 67'), 7-Duvan Zapata.

Cadangan: 22-Aldair Quintana, 12-Camilo Vargas, 26-Frank Fabra, 3-Oscar Murillo, 2-Stefan Medina, 4-Carlos Cuesta, 25-Baldomero Perlaza, 27-Jaminton Campaz, 21-Sebastian Perez, 10-Edwin Cardona.

Pelatih: Reinaldo Rueda Riveria.

https://bola.kompas.com/read/2021/07/04/07141028/hasil-perempat-final-copa-america-2021-kalah-adu-penalti-uruguay-tersingkir

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.