Salin Artikel

Eduardo Almeida Ternyata Nyaris Dua Kali Jadi Pelatih Arema FC

Dia mengatakan, sebenarnya Arema sudah tertarik dengan pelatih asal Portugal tersebut dua musim sebelumnya atau tepatnya musim 2019.

Kala itu, Eduardo Almeida menjalani debut sebagai pelatih Semen Padang di putaran kedua musim 2019 dengan diberikan tugas menyelamatkan tim dari degradasi.

Sayangnya, sampai pertandingan terakhir pelatih berusia 43 tahun tersebut gagal menyelamatkan Kabau Sirah dari zona degradasi.

Namun, Ruddy Widodo melihat sesuatu yang spesial dari seorang Eduardo Almeida.

Dari segi statistik, di tangan mantan pelatih Benfica Junior tersebut, permainan Semen Padang meningkat pesat.

Dari 16 pertandingan yang dijalani Eduardo Almeida, Semen Padang mengemas lima kemenangan, lima seri, dan enam kekalahan.

Sebagai perbandingan, sebelum dia bergabung, Semen Padang hanya mampu memetik dua kemenangan, enam seri, sepuluh kekalahan.

Ruddy Widodo mengungkap Eduardo Almeida sempat menjadi pesaing kuat Mario Gomez pada musim 2020. Namun, pada akhirnya manajemen lebih memilih Mario Gomez.

"Saat ditangani Eduardo, saat itu Semen Padang berhasil mengalahkan Persija dengan skor 2-1 (16/10/2019). Banyak pihak yang menyarankan coach Almeida cocok di Arema," ujar Ruddy Widodo.

Bahkan, saat perekrutan pelatih Carlos Oliveira pun manajemen membuka kembali profil Eduardo Almeida.

Namun, setelah pertimbangan panjang akhirnya pilihan jatuh kepada Carlos Oliveira.

Ada satu pertimbangan utama yang membuat Arema FC dua kali berpaling dari mantan pelatih T-Team Malaysia tersebut, yakni rekam jejaknya sebagai pelatih yang gagal menyelamatkan Semen Padang dari degradasi.

Ruddy Widodo tidak ingin muncul persepsi negatif dari publik sehingga dia memutuskan untuk menunggu momentum yang tepat.

"Namun, pasti ada persepsi, kenapa merekrut pelatih yang timnya malah degradasi. Itu yang kami antisipasi," katanya.

Kini, Arema FC mantap menentukan pilihan kepada Eduardo Almeida.

Tangan dingin dan segudang pengalamannya diharapkan mampu menghidupkan kembali ciri khas permainan Singo Edan.

Nilai plus-nya, Eduardo Almeida mengantongi lisensi UEFA Pro yang bakal mempermulus Arema FC untuk lolos verifikasi lisensi Klub AFC tahun 2021 ini.

"Karena klub ini selalu ingin memenuhi standar lisensi AFC. Lisensi kepelatihannya sangat mumpuni persyaratan,” katanya.

https://bola.kompas.com/read/2021/05/18/11200038/eduardo-almeida-ternyata-nyaris-dua-kali-jadi-pelatih-arema-fc

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.