Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Sofyan Hadi, Mantan Pemain yang Juga Sukses sebagai Pelatih Persija

KOMPAS.com - Legenda Persija Jakarta, Sofyan Hadi, meninggal dunia pada Rabu (11/3/2020).

Mantan pemain sekaligus pelatih legendaris Persija itu meninggal di usia 69 tahun lantaran kanker tulang yang dideritanya.

Persija Jakarta pun turut merasa kehilangan sosok pelatih legendaris yang pernah mengantarkan Persih menjuarai Liga Indonesia pada 2001.

Sofyan Hadi dikenang lantaran menjadi pelatih terakhir yang bisa membawa Persija juara Liga Indonesia sebelum akhirnya Macan Kemayoran mengakhiri puasa gelarnya pada 2018 lalu.

"Atas nama seluruh manajemen Persija Jakarta, menyampaikan rasa duka yang sangat dalam atas kepergian Sofyan Hadi," kata Ferry Paulus dikutip dari situs resmi Persija. 

"Selamat jalan Coach Sofyan Hadi, jasa dan pengabdianmu tidak pernah kali lupakan dan terus kami kenang." 

"Kabar ini tentu membawa kesedihan bagi kami. Almarhum merupakan legenda hidup Persija."

"Ia berjasa menyumbangkan satu bintang di atas logo Persija dengan meraih gelar sebagai pemain dan pelatih hingga membuat Macan Kemayoran menjadi tim dengan gelar juara paling banyak di Indonesia."

"Almarhum menjadi inspirasi kita semua dalam mencintai Persija Jakarta."

"Meski sudah tak menjadi bagian Persija, ia masih kerap menyaksikan langsung pertandingan di Stadion dan televisi. Ia juga selalu mendoakan Persija," ucap Ferry Paulus mengakhiri.

Melansir Tribun News, Sofyan Hadi memang terkenal sebagai pemain sekaligus pelatih sukses bagi Persija.

Saat masih aktif bermain, Sofyan memberikan tiga gelar bagi Persija, yakni pada 1973, 1975, dan 1979.

Keberhasilan Sofyan pun berlanjut kala dia mengarsiteki Persija pada 2001 dengan membawa Macan Kemayoran menjadi juara Liga Indonesia.

Saat itu, Persija sukses mengalahkan PSM Makassar di partai final dan membuat Macan Kemayoran menyertakan satu bintang di atas logo tanda 10 gelar juara.

Sebelum memangku jabatan sebagai pelatih kepala, Sofyan Hadi menjabat sebagai asisten pelatih utama saat itu, yakni Andi Lala.

Selain sukses sebagai pemain dan pelatih Persija, Sofyan Hadi juga termasuk ke dalam skuad timnas Indonesia Pra-olimpiade 1976.

https://bola.kompas.com/read/2020/03/11/15200068/profil-sofyan-hadi-mantan-pemain-yang-juga-sukses-sebagai-pelatih-persija-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke