Salin Artikel

Jokowi Ingatkan Ketum PSSI Soal Persiapan Piala Dunia U-20 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Indonesia, Joko Widodo, berharap pengurus PSSI yang baru serius mempersiapkan Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Hal itu diutarakan Jokowi saat menemui pengurus PSSI periode 2019-2023 di Istana Merdeka, Senin (16/12/2019).

Dalam pertemuan itu, Jokowi dari pihak pemerintah didampingi oleh Menpora, Zainudin Amali, dan Pramono Anung selaku Sekretaris Kabinet.

Sementara itu daru PSSI ada Ketua Umum, Mochamad Iriawan, Iwan Budianto (Waketum), Ratu Tisha Destria (Sekjen) dan pengurus lainnya.

Selain ingin mengetahui laporan hasil SEA Games 2019, Jokowi juga mengingatkan PSSI terkait dengan persiapan Piala Dunia U-20.

Menurut Jokowi, Indonesia selaku tuan rumah harus mempersiapkan dengan serius dan tidak boleh mengecewakan negara peserta.

"Pada 2021, kita akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Saya minta segala sesuatu dipersiapkan dengan betul," kata Jokowi dikutip dari Antara.

"Segala persiapan mulai dari promosi acara, transportasi, akomodasi dan stadion harus baik karena even ini didapatkan tidak mudah," ujar Jokowi menambahkan.

Untuk diketahui, ini adalah kali pertama Jokowi bertemu jajaran pengurus PSSI yang barus.

Jokowi berharap M. Iriawan bisa memimpin PSSI untuk membuat sepak bola Indonesia maju terutama dari pembinaan usia dini.

"Kita harus berbenah dan berani berubah. Kompetisi harus diperbaiki karena dari situ akan muncul bibit yang baik. Pembinaan pemain dari usia dini juga tidak akalh penting," kata Jokowi.

Terkait dengan persiapan Piala Dunia U-20, hingga saat ini masih belum ada kepastian enam stadion yang akan digunakan.

PSSI sendiri sudah mengajukan 10 stadion yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Patriot (Bekasi), Wibawa Mukti (Cikarang), Gelora Bandung Lautan Api (Bandung), Si Jalak Harupat (Soreang), Manahan (Solo), Mandala Krida (Yogyakarta), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Tidak hanya stadion, timnas U-20 Indonesia yang nantinya juga akan tampil hingga kini belum bersiap.

Seperti diketahui, timnas U-19 Indonesia yang diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 masih belum memiliki pelatih kepala.

Sebelumnya, Fakhri Husaini memutuskan pamit meskipun berhasil membawa timnas U-19 Indonesia lolos ke Piala Asia U-19 2020.

https://bola.kompas.com/read/2019/12/16/13400078/jokowi-ingatkan-ketum-pssi-soal-persiapan-piala-dunia-u-20-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.