Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ronaldo dan Beckham Bukan Hanya Komersial, melainkan Juga Kualitas

KOMPAS.com - Mantan pelatih timnas Inggris, Fabio Capello, menilai Cristiano Ronaldo dan David Beckham adalah dua sosok sempurna dalam sepak bola.

Menurut Capello, di era sepak bola modern seperti saat ini, Ronaldo dan Beckham adalah impian setiap klub. Tidak hanya punya kemampuan yang fantastis, Ronaldo dan Beckham mampu mengangkat nilai komersial sebuah tim.

"Hal terpenting ketika Anda membeli pemain adalah untuk kepentingan tim, bukan untuk nilai komersial atau penjualan seragam tim," kata Fabio Capello seperti dilansir BolaSport.com dari Sport360.

"Saya pikir David Beckham dan Cristiano Ronaldo meningkatkan kualitas tim yang mereka bela, bukan hanya merek klub. Keduanya pemain yang sangat serius," ucap Capello melanjutkan.

Capello sendiri pernah menjadi pelatih Beckham ketika di Real Madrid dan timnas Inggris. Menurut Capello, Beckham yang juga merupakan pesohor di luar lapangan sangat berbeda ketika berada di ruang ganti pemain.

"Beckham adalah contoh bagus untuk pemain Inggris lainnya," ujar Fabio Capello.

"Beckham begitu terkenal, sosok sangat penting, tetapi di ruang ganti dia adalah pemain normal dan dia menunjukkan kepada rekan setimnya apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tim," kata Capello.

Capello menilai Ronaldo juga berperan sama seperti Beckham di Juventus saat ini.

"Anda juga dapat melihat Ronaldo yang sekarang telah bergabung dengan Juventus. Juventus semakin terkenal di seluruh dunia dan bermain seperti mesin," tutur Capello.

Sepanjang karier sepak bolanya, Beckham dan Ronaldo memiliki cerita yang hampir serupa. Keduanya mulai dikenal publik ketika menjadi bintang Manchester United.

Ronaldo dan Beckham menjadi sosok yang sangat ikonik saat berbalut seragam merah khas Man United dengan nomor tujuh di punggung.

Uniknya, Ronaldo seperti menggantikan peran Beckham saat datang ke Man United dari Sporting Lisbon pada tahun 2003.

Pada tahun tersebut, Beckham mengakhiri petualangan delapan tahun bersama Setan Merah dan pindah ke Real Madrid.

Langkah Beckham kemudian diikuti Ronaldo pada tahun 2009. Ronaldo pindah ke Real Madrid dua tahun setelah Beckham hengkang ke LA Galaxy.

Beckham pada akhirnya menyatakan pensiun di Paris Saint-Germain pada 2013.

Sementara itu, Ronaldo yang kini berusia 33 tahun mendapat kontrak jangka panjang selama empat musim atau hingga 2023 di Juventus.

Menarik untuk ditunggu apakah Ronaldo kembali mengikuti jejak Beckham yang gantung sepatu saat berusia 38 tahun. (Septian Tambunan)

https://bola.kompas.com/read/2019/01/09/09211068/ronaldo-dan-beckham-bukan-hanya-komersial-melainkan-juga-kualitas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke