Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Turnamen Golf Filcomin untuk Eratkan Hubungan Filipina dan Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Harapan besar pada pergelaran Turnamen Golf Filcomin, mulai pagi ini, adalah mengeratkan hubungan Filipina dan Indonesia.

"Kedua negara kan sudah berhubungan begitu lama. Apalagi Filipina dan Indonesia di dalam ASEAN," kata Duta Besar Filipina untuk Indonesia Lee Hiong Wee pada konferensi pers, Jumat (7/12/2018), mengenai turnamen bertajuk Filcomin Charity Golf Tournament tersebut.

Secara perdagangan, Lee Hiong Wee memberi contoh bahwa Filipina dan Indonesia menghasilkan pendapatan hingga 8 miliar dollar AS pada 2017.

"Ini merupakan peningkatan hingga 22 persen dibandingkan pencapaian pada setahun sebelumnya," kata Lee Hiong Wee yang dalam kesempatan itu didampingi oleh Philippines Women's Association Thelma S Victorio, PDG Rotary Club Indonesia and PBCI Vice Chairman Rudy Balmater, dan Presiden Asosiasi Golf Filcomin Riche Tiblani.

Sebaliknya, beberapa perusahaan asal Indonesia, lanjut Lee Hiong Wee, sudah memasuki pasar Filipina.

"Ada Alfamart, Sritex, dan Sido Muncul," ujar Lee Hiong Wee.

Turnamen Golf Filcomin, kata Thelma adalah kegiatan olahraga para warga Filipina pecinta golf yang tinggal di Indonesia. "Kegiatan sudah berlangsung sejak 2013," tuturnya.

(Baca: Catat, Ini Agenda Terkini Turnamen Golf di Jakarta!)

Pada 2013, donasi hasil turnamen dimanfaatkan untuk merenovasi dan menyumbang buku perpustakaan untuk sekolah dasar negeri di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pada 2016, hal yang sama dilakukan di Ciputat dan Parung. "Kami juga menyumbang peralatan olahraga seperti bola sepak dan kaus olahraga dalam kegiatan itu," imbuh Thelma.

Lantas, pada tahun ini, selain untuk tiga sekolah dasar tersebut, donasi juga diberikan pengembangan kemampuan berbahasa Inggris di sekolah dasar negeri di kawasan Bumi Serpong Damai, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Sementara, menurut informasi dari  Riche Tiblani, Turnamen Golf Filcomin bakal berlangsung di Senayan National Golf Club, Jakarta. Ada partisipasi sekitar 200 peserta termasuk pegolf.

"Ada 80 pegolf yang ikut serta pada turnamen 18 holes (lubang) ini," pungkas Riche Tiblani.

(Baca: Ini Dia Rencana di Balik Turnamen Golf Filcomin)

https://bola.kompas.com/read/2018/12/09/06590008/turnamen-golf-filcomin-untuk-eratkan-hubungan-filipina-dan-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke