Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rossi Curiga Dovizioso Sembunyikan Ban Baru Saat Menang di Valencia

KOMPAS.com - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mempertanyakan ban yang dipakai Andrea Dovizioso (Ducati) sehingga berhasil menjuarai MotoGP Valencia, Minggu (18/11/2018).

Sebagian pebalap kesulitan menaklukan lintasan Sirkuit Ricardo Tormo karena cuaca ekstrem yang melanda. Balapan bahkan sempat dihentikan lantaran hujan deras mengguyur sirkuit yang berada di Valencia, Spanyol itu.

Sulitnya balapan membuat Valentino Rossi cuma bisa finis di urutan ke-13 setelah sempat mengalami insiden crash di tikungan 12, lima lap sebelum mencapai garis finis.

Namun, tak seperti pebalap lain yang disulitkan masalah ban, Dovizioso justru mampu melaju mulus untuk memenangi balapan.

Melihat performa apik Dovizioso, Rossi pun curiga rekan senegaranya itu menyembunyikan ban baru saat melahap balapan di Valencia.

"Di mana dia (Dovizioso) menyembunyikannya (ban baru)? Di mana dia mendapatkan ban itu?," kata Rossi yang dikutip BolaSport.com dari Speedweek.

Pebalap Italia berjulukan The Doctor itu meyakini Dovizioso tak menggunakan ban baru pada sesi pemanasan (warm-up). Hal serupa juga dilakukan Rossi.

Namun, Rossi mengaku terkejut ketika Dovizioso memakai ban baru ketika start ulang dilakukan pada balapan MotoGP Valencia 2018 menyusul keluarnya bendera merah.

"Tentu, dia mengatakan tidak menggunakan ban baru saat warm-up, saya juga sama. Namun, ban belakang saya terasa seperti tertinggal 20 lap di belakangnya," tutur Rossi.

"Dovi (sapaan Dovizioso) memakai sebuah ban depan baru bertipe soft di balapan kedua yang merupakan kombinasi ideal. Dia juga punya ban belakang baru yang masih menjadi misteri bagi saya," ujar Rossi lagi.

Rossi lantas menjelaskan efek dari penggantian ban yang sudah dilakukan Dovizioso.

"Dari segi pandangan strategi, ban baru sudah membuat perbedaan pada performa Dovi," kata Rossi.

"Sebab, pada balapan kedua, saya mengalami lebih banyak kendala pada aspek daya cengkram ban dan Dovi tidak," tutur dia lagi.

Meski cuma finis di urutan ke-13, secara keseluruhan, Rossi berhasil menyelesaikan musim 2018 dengan menempati peringkat ketiga.

Posisi itu diamankan setelah rekan setim sekaligus kompetitor terdekat Rossi, Maverick Vinales, gagal finis. (Bayu Nur Cahyo)

https://bola.kompas.com/read/2018/11/19/18430018/rossi-curiga-dovizioso-sembunyikan-ban-baru-saat-menang-di-valencia-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke