Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kurniawan Dukung Pemain Indonesia Bermain di Luar Negeri, tetapi...

Mantan striker timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, mendukung para pemain yang berkiprah di luar negeri. Menurutnya, hal tersebut wajar bila pemain ingin mendapatkan penghasilan melalui kontrak yag tinggi. Dia pun berharap para pemain itu harus bisa menunjukkan bahwa kemampuannya di atas pemain lokal.

"Saya mendukung sepenuhnya pemain Indonesia bermain di luar negeri. Mereka sudah banyak berkorban untuk sepak bola dan ujungnya adalah mencari uang di sepak bola. Tetapi uang jelas bukan segala-galanya," kata Kurniawan, yang pernah bermain di Malaysia ketika memperkuat Sarawak FC musim 2005-2006, kepada BolaSport.com.

"Terutama, mereka harus bisa menunjukkan bahwa dirinya dikontrak klub luar negeri karena punya kemampuan bagus."

"Status mereka adalah pemain asing dan harus bisa menunjukkan bahwa mereka itu lebih baik dibandingkan pemain lokal."

Menurut mantan striker timnas Indonesia ini, kualitas Liga Indonesia sesungguhnya masih sedikit di atas Malaysia. Hanya, dia menilai liga di Malaysia sudah dikelola secara lebih profesional.

"Liga Indonesia sedikit di atas Malaysia tetapi mereka sudah mengarah profesional. Fasilitas yang dimiliki klub juga komplet. Tempat latihan dan bertanding pun berbeda,” katanya lagi.

Meski para pemain Indonesia sudah merambah Malaysia maupun Thailand, tetapi Kurniawan berharap mereka bisa bermain di liga elite Asia seperti Jepang, Korea Selatan, atau China. Apalagi, pemain Thailand sudah mengawalinya dengan bermain di klub J-League.

"Pemain Thailand sudah melakukannya dengan bermain di Jepang. Ini menunjukkan kualitas mereka diakui Jepang. Saya berharap pemain kita juga bermain di Jepang atau Korsel," tambah Kurniawan yang pernah mencicipi Liga Eropa ketika memperkuat klub Swiss, FC Luzern.

"Menurut saya, seorang Egy (Maulana Vikri) pantas bermain di luar negeri."

Bersama Luzern, Kurniawan pernah bermain di Piala Intertoto, kompetisi Eropa kasta ketiga setelah Liga Champions dan Piala UEFA. Kurniawan menjadi satu-satunya pemain asal Indonesia yang pernah mencetak gol di Piala Intertoto. (Gonang Susatyo)

https://bola.kompas.com/read/2018/03/06/15530028/kurniawan-dukung-pemain-indonesia-bermain-di-luar-negeri-tetapi-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke