Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manchester United dan City, Klub dengan Rekor Kebobolan Tercepat

LONDON, KOMPAS.com - Catatan buruk bagi dua klub asal Manchester dalam urusan kebobolan. Manchester City dan Manchester United tercatat sebagai dua dari tiga klub dengan catatan kemasukan tercepat pada era Premier League - kasta teratas Liga Inggris. 

Manchester United kalah 0-2 dari Tottenham Hotspur pada pertandingan pekan ke-25 Premier League musim 2017-2018. Rabu (31/1/2018) atau Kamis dini hari WIB. Gol pertama Tottenham oleh Christian Eriksen, tercipta hanya dalam tempo 11 detik setelah kick-off. 

Selisih satu detik itu memang menentukan. Andai gol pertama Tottenham ke gawang Manchester United terjadi dalam tempo 10 detik, Eriksen akan sejajar dengan Alan Shearer, legenda Newcastle United. 

Alan Shearer saat ini tercatat sebagai salah satu pencetak gol tercepat sepanjang era Premier League. Gol itu terjadi pada 18 Januari 2003. 

Uniknya, dua gol tercepat sepanjang era Premier League itu terjadi ke gawang tim dari daerah yang sama, Greater Manchester. Eriksen mencetak gol ke gawang Manchester United, sedangkan Shearer membobol gawang Carlo Nash, kiper Manchester City. 

Uniknya lagi, dua momen gol tercepat itu punya hasil akhir identik. Tottenham dan Newcastle sama-sama menang dengan skor 2-0! 

Kendati demikian, ada catatan gol yang sebenarnya lebih cepat daripada Eriksen maupun Shearer. Dialah Ledley King, mantan bek dan kapten  Tottenham.

Pada 9 Desember 2000, saat Tottenham bermain imbang 3-3 di kandang Bradford City, King mencetak gol ketika laga baru berjalan 9,9 detik. Kendati demikian, di pemberitaan BBC, gol King tercatat 11 detik. 

Bisa jadi, hal itu lantaran proses pencatatan waktu pada saat itu belum terlalu mendetail dan di sepak bola memang jarang menghitung hingga milidetik. Namun, selisih satu detik memang menjadi pembeda yang nyata untuk urusan gol tercepat.  

https://bola.kompas.com/read/2018/02/01/16114578/manchester-united-dan-city-klub-dengan-rekor-kebobolan-tercepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke