Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan di Makassar atau Yogyakarta, Kongres PSSI Bakal Digelar di Jakarta

Kompas.com - 12/10/2016, 18:17 WIB
Ferril Dennys

Penulis

Sumber JUARA

JAKARTA, KOMPAS.com - Kongres Pemilihan PSSI batal diselenggarakan di Yogyakarta ataupun Makassar. Rencananya, kongres untuk menentukan perangkat PSSI periode 2016-2020 itu bakal digelar di Jakarta, Senin (17/10/2016).

Jakarta menjadi lokasi yang disepakati bersama oleh Kemenpora dan PSSI saat kedua belah pihak bertemu di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Selain itu, Ibu Kota Indonesia tersebut dipilih juga atas dasar keefektifan akomodasi dan transportasi.

"Pemerintah sebetulnya masih merekomendasikan Yogyakarta. Tetapi, keputusan ini atas dasar yang lebih besar," ucap juru bicara Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, Rabu (12/10/2016).

"Kami tidak ingin head to head lagi dengan PSSI. Ini juga sesuai dengan spirit yang didengunkan Presiden Jokowi menyoal reformasi total sepak bola Indonesia," katanya.

Gatot juga menambahkan bahwa keterlibatan pihak Kemenpora bukan sebagai bentuk intervensi. Dia mengatakan hal ini adalah respon Kemenpora dari rekomendasi mayoritas pemilik suara PSSI yang tergabung dalam Kelompok 85 (K-85).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim, akan langsung membicarakan keputusan ini kepada FIFA dan AFC.

"Dalam statuta PSSI, perpindahan tempat harus diputuskan delapan pekan sebelum hari-h. Tetapi, semoga saja komunikasi kami dengan FIFA dan AFC berjalan lancar," ucap Azwan.

Azwan mengatakan jika tidak diberikan izin oleh FIFA dan AFC, kemungkinan Kongres Pemilihan PSSI akan kembali mundur minimal delapan pekan sesuai statuta PSSI.

Kongres Pemilihan akan memilih Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Komite Eksekutif PSSI. (Segaf Abdullah)

Kompas TV Tinggal 5 Hari, Lokasi Kongres PSSI Belum Pasti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com