Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Guardiola Lebih Baik Jadi Staf 'Marketing' daripada Pelatih"

Kompas.com - 10/10/2016, 14:46 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

KOMPAS.com - Mantan pelatih tim nasional Brasil, Vanderlei Luxemburgo, menyatakan bahwa Josep "Pep" Guardiola lebih baik menjadi seorang staf pemasaran (marketing) daripada menjadi seorang pelatih.

Menurut Luxemburgo, Guardiola telah membangun reputasi dirinya dan klub dengan baik, tetapi Carlo Ancelotti, pelatih Bayern Muenchen, klub musim lalu dilatih Guardiola, adalah pelatih yang lebih baik.

"Pep Guardiola lebih baik di bagian pemasaran tim daripada terlibat dalam pembinaan (kepelatihan)," kata Luxemburgo, seperti dikutip dari FourFourTwo.

"Dia memenangi banyak gelar di Barcelona, tetapi Luis Enrique, pelatih Barcelona saat ini, telah melakukan hal yang sama," katanya.

Saat ini, Guardiola melatih Manchester City dan membawa klub itu ke puncak klasemen sementara Premier League pada tujuh pertandingan awal.

Dia mengalami kekalahan pertama bersama timnya pada musim ini saat melawan Tottenham Hotspur pada 2 Oktober 2016 lalu dengan skor 0-2.

Menurut Luxemburgo, sebagian besar keberhasilan Guardiola lebih didasarkan pada "keistimewaan" melatih tim kelas dunia seperti Barcelona dan Bayern Muenchen.

Luxemburgo memercayai reputasi Guardiola tidak benar-benar layak dan menganggap bahwa Carlo Ancelotti, yang menggantikan Guardiola di Bayern, adalah yang terbaik di dunia.

CHRISTOF STACHE/AFP Para pemain Bayern Muenchen mengangkat Josep Guardiola setelah kemenangan atas Borussia Dortmund pada final DFB Pokal di Olympiastadion, Sabtu (21/5/2016).

"Guardiola pergi ke Bayern Muenchen, ia menyiapkan, ia belajar bahasa, dan ia tidak mencapai prestasi Jupp Heynckes (pelatih Bayern Muenchen sebelum Guardiola), yang memenangi treble winners pada usia 70 tahun," ujarnya.

"Ancelotti adalah seorang juara Liga Champions di AC Milan dan 'nyata' di Madrid. Saya pikir, bagi Guardiola, untuk membuktikan dia lebih baik, dia harus memenangi gelar bersama Manchester City," ujarnya.

DANIEL KARMANN/AFP Pelatih Bayern Muenchen, Carlo Ancelotti, menyaksikan pertandingan timnya melawan SpVgg Landshut pada pertandingan uji coba di Landshut, Jerman Selatan, Sabtu (23/7/2016).

Luxemburgo saat ini melatih klub China, Tianjin Quanjian. Sebelumnya, pria yang lahir pada 10 Mei 1952 ini pernah melatih Real Madrid pada musim 2005-2006 dan tim nasional Brasil untuk periode 1998-2000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com