Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saya Sempat Ditawari Jadi Ketum PSSI Saat Masih Menjabat Panglima TNI"

Kompas.com - 06/09/2016, 07:04 WIB
Anju Christian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko mengaku sempat berpeluang menjadi Ketua Umum PSSI.

Tawaran tersebut datang saat Susilo Bambang Yudhoyono masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Moeldoko sendiri mengemban tugas sebagai Panglima TNI dari Agustus 2013 hingga Juli 2015.

“Saya sempat ditawari menjadi Ketua Umum PSSI saat masih Panglima TNI. Saat itu, saya menolak karena masih aktif dan tidak mau terpecah. Namun, saya kini sudah fokus,” tutur dia.

Penuturan tersebut dilontarkan Moeldoko setelah secara resmi maju sebagai calon Ketua Umum PSSI periode 2016-2020. Dia sudah menyerahkan formulir pendaftaran ke kantor Komite Pemilihan di DPP Pepabri, Senin (5/9/2016).

Dia bakal bersaing dengan Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi dan eks striker tim nasional Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

Moeldoko pun menyatakan bahwa pencalonan dirinya tidak ada kaitannya dengan Edy, yang mendaftarkan diri terlebih dahulu.

"Saya ingin melihat PSSI memiliki prestasi gemilang di depan. Tak ada alasan lain, apalagi menjawab tantangan Pak Edy," kata Moeldoko.

"Saya malah merasa berdosa apabila sisa waktu saya tidak dicurahkan untuk PSSI dan memajukan sepak bola Indonesia," ujar dia.

Pria asal Kediri itu juga berharap agar tidak ada praktik money politic selama proses pemilihan Ketua Umum PSSI.

Ketua umum yang baru bakal dipilih pada Kongres Pemilihan di Makassar, 17 Oktober 2016. Agenda tersebut merupakan keputusan dari Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, 3 Agustus 2016.

Kompas TV Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi Maju Pencalonan Ketum PSSI
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com