Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tradisi Emas Sepak Bola Putri Amerika Serikat Terhenti

Kompas.com - 13/08/2016, 02:56 WIB

BRASILIA, KOMPAS.com - Tren emas kontingen Amerika Serikat dari cabang sepak bola putri pada ajang Olimpade terhenti. Ini karena United State Women National Team (USWNT) disingkirkan Swedia pada babak perempat final.

Pada laga ini, Swedia unggul terlebih dahulu melalui Stina Blackstenius pada menit ke-61. Amerika membalas lewat bintang mereka, Alexandra "Alex" Morgan pada menit ke-77.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga 90 menit waktu normal. Begitu juga setelah perpanjangan waktu 2x15 menit berakhir. Pertandingan harus dilanjutkan ke drama adu tendangan penalti.

Dari lima penendang, algojo pertama dan terakhir AS, Alex Morgan dan Crystal Press, gagal melakukan tugasnya dengan baik. Sedangkan dari Swedia, hanya Linda Sembrant sebagai eksekutor ke-3 yang gagal melesahkan bola ke dalam gawang.

Hasil ini membawa Swedia melangkah ke babak semifinal. Mereka akan ditantang pemenang dari laga Brasil kontra Australia.

Kemenangan ini pun membawa Swedia berhasil memperbaiki rekor pertemuan mereka dengan AS. Dalam 13 pertemuan terakhir, Swedia hanya meraih tiga kemenangan dan dua hasil imbang.

Kekalahan ini membuat tren AS untuk selalu mendulang emas dari cabang sepak bola putri terputus. Sebelumnya, USWNT selalu berhasil menyabet medali emas pada tiga edisi Olimpade sebelumnya, yaitu di Athena 2004, Beijing 2008, dan London 2012.

Amerika pun sempat pendulang emas dari cabang ini saat pertama kali diadakan pada Olimpiade 1996 di Atalanta. Namun, mereka gagal mempertahankan gelar tersebut pada Olimpade 2000 di Sydney akibat takluk 2-3 dari Norwegia. (Verdi Hendrawan)

Susunan pemain:

Amerika Serikat: 1-Hope Solo, 4-Becky Sauerbrunn, 5-Kelley O'Hara (15-Megan Rapinoe 72' (12-Christen Press 99')), 7-Meghan Klingenberg, 8-Julie Johnston, 17-Tobin Heath, 3-Allie Long (16-Crystal Dunn 65'), 14-Morgan Brian, 10-Carli Lloyd, 13-Alex Morgan, 2-Mallory Pugh (9-Lindsey Horan 114').

Pelatih: Jillian Ellis.

Swedia: 1-Hedvig Lindahl, 3-Linda Sembrant, 5-Nilla Fischer, 15-Jessica Samuelsson (4-Emma Berglund 119'), 7-Lisa Dahlkvist, 17-Caroline Seger, 16-Elin Rubensson (6-Magdalena Ericsson 71'), 9-Kosovare Asllani, 10-Sofia Jakobsson (12-Olivia Schough 90'), 8-Lota Schelin, 13-Fridolina Rolfoe (11-Stina Blackstenius 18').

Pelatih: Pia Sundhage.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com