Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbanyak Mandi, Tips Puasa Adam Alis

Kompas.com - 07/06/2016, 18:03 WIB
Ferril Dennys

Penulis

Sumber JUARA

KOMPAS.com - Gelandang muda Adam Alis Setyano berbagi tips untuk bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar. Salah satu tips yang diberikan oleh pemain Barito Putera tersebut yakni memperbanyak mandi.

Cuaca yang panas terkadang memang menjadi salah satu godaan bagi umat Muslim yang menjalankan puasa. Teriknya matahari bisa berakibat pada menurunya kadar cairan di tubuh. Pada kondisi ini rasa haus akan melanda.

Adam Alis berbagi cara untuk mengatasi masalah ini. Menurut dia, puasa tidak perlu terlalu dipikir dan menjadi beban dalam berkegiatan. Jika tubuh tubuh kepanasan, daripada harus membatalkan puasa Adam lebih memilih mandi sebagai solusi.

"Tips dalam bulan Ramadhan ini sih ya cuma nikmati saja. Jangan terlalu dibebankan kalau sekarang bulan puasa dan mungkin juga perbanyak mandi," ujar Adam sambil terkekeh.

Mantan pemain Persija Jakarta ini tetap menjalankan kegiatan sehari-harinya dengan normal meskipun sedang puasa.

Sebagai seorang pemain sepak bola profesional dia juga tetap berlatih sesuai arahan tim pelatih. Meskipun akan terasa berat di awal, Adam memilih untuk tidak menganggap latihan sebagai sebuah beban.

Pemain berusia 21 tahun selalu mencoba menikmati setiap sesi latihan.

"Sudah terbiasa latihan di bulan puasa, paling awal-awal saja agak berat. Namun, selanjutnya sudah terasa enak. Nikmati saja deh yang penting," ujar pengawa timnas U-23 di SEA Games 2015 ini.

"Efeknya latihan saat puasa mungkin bisa mudah tidur waktu bulan puasa," tuturnya. (Suci Rahayu)

Kompas TV Jual Inter, Erick Thorir Untung Besar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com